Cek darah/istimewa
Health

Ruben Onsu Masuk RS Karena HB Turun, Cek Penyebab Hemoglobin Drop

Mia Chitra Dinisari
Senin, 27 Juni 2022 - 15:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presenter Ruben Onsu dikabarkan kembali masuk rumah sakit karena kadar hemoglobinnya terus turun.

Ruben Onsu sebelumnya dibawa ke rumah sakit karena ia mengalami drop karena tekanan darah yang rendah dan hemoglobin yang turun drastis hingga mencapai angka 4.

Untuk laki-laki dewasa kadar Hb normal berkisar 14–18 g/dL (gram per desiliter). Sedangkan untuk wanita dewasa berkisar 12–16 g/dL.

Untuk penyakit apa yang sedang diderita artis tersebut masih belum diketahui, Sarwendah hanya meminta doa agar semuanya dilancarkan.

Hemoglobin atau Hb adalah protein yang berada di dalam sel darah merah. Protein inilah yang membuat darah berwarna merah. Dalam kadar yang normal, hemoglobin memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Oleh karena itu, kadar normal hemoglobin perlu selalu dijaga.

Selain memberi warna, hemoglobin juga berfungsi membantu sel darah merah mendapatkan bentuk alaminya, yaitu bulat dengan bagian tengahnya lebih pipih. Dengan bentuk seperti ini, sel darah merah dapat dengan mudah bergerak dan mengalir di dalam pembuluh darah.

Lantas kenapa kadar HB bisa turun, seperti yang dialami oleh Ruben Onsu?

Melansir healthline, hemoglobin rendah yang disebabkan oleh kadar zat besi yang rendah dikenal sebagai anemia defisiensi besi. Tidak mendapatkan cukup zat besi dalam makanan Anda adalah penyebab paling umum dari hemoglobin rendah.

Gejala hemoglobin rendah termasuk sakit kepala, kelelahan, dan kulit pucat. Perawatan untuk hemoglobin rendah termasuk suplemen zat besi, terapi zat besi, dan pembedahan. Menambahkan lebih banyak makanan kaya zat besi ke dalam diet Anda juga penting.

Memiliki jumlah hemoglobin yang rendah bisa menjadi serius, terutama jika cukup rendah untuk menyebabkan pingsan, lemas, dan sesak napas.

Untungnya, hemoglobin rendah sangat dapat diobati dengan berbagai suplemen, terapi, dan modifikasi gaya hidup. Jika Anda memiliki hemoglobin rendah, bekerjalah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk menentukan apa yang menyebabkannya dan temukan rencana perawatan untuk membantu Anda mengelolanya.

Melansir mayo clinic, jumlah hemoglobin yang sedikit rendah tidak selalu merupakan tanda penyakit ini bisa menjadi hal yang normal bagi sebagian orang. Wanita dengan periode menstruasi dan wanita hamil umumnya memiliki jumlah hemoglobin yang rendah.

Jumlah hemoglobin yang rendah juga dapat dikaitkan dengan penyakit atau kondisi yang menyebabkan tubuh Anda memiliki terlalu sedikit sel darah merah. Hal ini dapat terjadi jika:

  1. Tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit sel darah merah dari biasanya
  2. Tubuh Anda menghancurkan sel darah merah lebih cepat daripada yang dapat diproduksi
  3. Anda kehilangan darah

Penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih sedikit sel darah merah dari biasanya meliputi:

  1. Anemia aplastik
  2. Kanker
  3. Obat-obatan tertentu, seperti obat antiretroviral untuk infeksi HIV dan obat kemoterapi untuk kanker dan kondisi lainnya
  4. Penyakit ginjal kronis
  5. Sirosis
  6. Limfoma Hodgkin (penyakit Hodgkin)
  7. Hipotiroidisme (tiroid kurang aktif)
  8. Penyakit radang usus (IBD)
  9. Anemia defisiensi besi
  10. keracunan timbal
  11. Leukemia
  12. Mieloma multipel
  13. Sindrom mielodisplastik
  14. Limfoma Non-Hodgkin
  15. Artritis reumatoid
  16. Anemia defisiensi vitamin

Penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh Anda menghancurkan sel darah merah lebih cepat daripada yang dapat dibuat meliputi:

  1. Pembesaran limpa (splenomegali)
  2. hemolisis
  3. Porfiria
  4. Anemia sel sabit
  5. Thalasemia

Jumlah hemoglobin yang rendah juga dapat disebabkan oleh kehilangan darah, yang dapat terjadi karena:

  1. Pendarahan di saluran pencernaan Anda, seperti dari bisul, kanker atau wasir
  2. Donor darah sering
  3. Menoragia (perdarahan menstruasi yang berat) (pendarahan menstruasi yang berat-walaupun perdarahan menstruasi yang normal dapat menyebabkan jumlah hemoglobin yang sedikit rendah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro