Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Cara Mengatasi Sakit Perut

Meminum air putih bisa menetralkan sakit perut secara alami, karena tubuh setelah minum air putih akan dapat mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan secara efisien.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 28 Juni 2022  |  23:59 WIB
10 Cara Mengatasi Sakit Perut
Diare pada bayi di bawah lima tahun bisa menyebabkan kematian.

Bisnis.com, JAKARTA – Sakit perut merupakan penyakit yang sangat umum dialami oleh seseorang, dalam tingkat kesakitannya pun berbeda dari mulai yang ringan hingga sakit yang luar biasa.

Sakit perut juga sering disepelekan oleh kebanyakan orang karena sering sembuh dengan sendirinya, tetapi sakit perut ini bisa menjadi indikasi dari penyakit yang serius. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasinya sebagai pertolongan pertama sebelum ke tahap Anda harus ke dokter.

Dikutip dari Healthline, cara mengatasi sakit perut:

1. Mengonsumsi Jahe

Pada zaman dahulu, jahe sudah menjadi bahan obat yang ampuh untuk segala hal macam penyakit, seperti mengobati rasa mual hingga rasa sakit, dalam beberapa penelitian juga jahe ini sangat efektif untuk beragam jenis sakit perut.

Untuk cara mengonsumsi jahe ini sudah bervariasi, karena jahe ini bisa dikunyah dalam bentuk makanan ringan, bisa diminum dalam bentuk minuman, dijadikan permen hingga suplemen dan diantara olahan jahe tersebut yang paling umum digunakan untuk mengobati sakit perut adalah dengan cara diminum, seperti wedang jahe, susu jahe dan beragam jenis olahan minuman jahe lainnya.

2. Teh kamomil

Secangkir teh chamomile yang segar dapat membantu meredakan sakit perut dengan bertindak sebagai anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi ini membantu otot perut Anda menjadi rileks dan dapat mengurangi rasa sakit akibat kram dan kejang.

3. Melakukan Pola Makan BRAT

Dengan melakukan pola makan BRAT (pisang, nasi, saus apel dan roti panggang), dipercaya sebagai penghilang rasa sakit di dalam perut seperti mual dan diare.

Dalam pola makan BRAT ini tak satu pun dari makanan ini mengandung garam atau kandungan yang akan memperburuk sakit perut, karena pemilihan makanan ini saling melengkapi. Jika dijelaskan, sumber kalori BRAT berasal dari nasi dan roti panggang yang keduanya mudah dicerna.

Selanjutnya ada buah apel dan pisang yang kaya akan potasium dapat membantu penyerapan air pada feses dan buah apel sendiri memiliki kandungan air yang banyak dan prektin untuk meringankan diare.

4. Tumbuhan Pepermint

Tumbuhan ini telah dipercaya selama bertahun-tahun sebagai obat yang membantu mengatasi mual dan sakit pada perut, hal ini terjadi karena mentol dalam daun pepermint merupakan analgesik alami yang bertindak sebagai pereda nyeri dan pepermint ini bisa Anda konsumsi dengan cara berikut ini :

• Menyeduh secangkir teh pepermint.

• Mengendus ekstrak pepermint.

• Mengisap permen mint.

• Mengunyah langsung daun pepermint

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel ternyata dapat menetralkan sakit perut dengan waktu yang singkat, jika Anda bisa menahannya, cobalah mengonsumsi makanan pokok asam ini dengan satu sendok makan untuk menetralkan sakit perut. Namun, jika terlalu kuat maka campurlah satu sendok makan dengan secangkir air dan satu sendok teh madu, lalu teguk perlahan.

Asam dalam cuka sari apel dapat membantu mengurangi pencernaan pati, memungkinkan pati masuk ke usus dan menjaga bakteri di usus tetap sehat. Beberapa orang biasanya mengonsumsi satu sendok cuka apel setiap hari sebagai tindakan pencegahan sakit perut.

6. Bantalan pemanas

Dengan menggunakan bantalan pemanas ini merupakan cara tradisional yang ampuh untuk mengatasi sakit perut Anda, biasanya menggunakan botol kaca yang diisi air hangat lalu simpanlah diatas perut Anda. 

Kehangatan di perut Anda akan menetralkan  kram atau rasa sakit, yang panasnya dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi rasa mual. Namun, cara ini jangan dibiarkan terlalu lama, karena dapat merusak kulit Anda saat penggunaannya secara berlebihan.

7. Lakukan Pratek Makanan yang Baik

Dengan mengunyah makanan secara perlahan, tidak berbicara saat makan, memastikan makanan dimasak dengan baik, tidak langsung berbaring setelah makan, dan mengurangi asupan kopi dan teh berlebih akan membuat perut Anda terhindar dari sakit perut.

8. Olahraga 

Olahraga ringan seperti yoga, melakukan peregangan, dan tai chi dapat membantu mengurangi stres hingga mengendurkan otot perut. Dengan aktivitas fisik dapat membantu meredakan gas, kembung, dan sembelit pada perut.

9. Obat Khusus Sakit Perut

Dilansir dari medicinenet pada Selasa (28/6/2022), obat-obatan sakit perut tidak sepenuhnya sama semua karena beda penyakit sakit beda juga obatnya. Dengan demikian, berikut ini rincian obat yang digunakan untuk beragam jenis penyakit yang menyebabkan sakit perut :

• Untuk nyeri yang berhubungan dengan gas, obat OTC seperti Mylanta, Gas-X (yang mengandung bahan simetikon ) dapat membantu menghilangkan gas dan kembung .

• Penyakit refluks gastroesofagus ( GERD ) dapat menyebabkan sakit perut dan sensasi terbakar ( mulas ), antasida atau peredam asam seperti Pepcid AC atau Zantac 75 dapat membantu.

• Untuk sembelit, minumlah pelunak feses OTC ringan  atau pencahar yang dapat membantu meringankan sembelit.

• Kram perut bisa terjadi karena diare. Obat-obatanya seperti Pepto-Bismol, yang mengandung loperamide atau bismut subsalisilat yang dapat membantu mengurangi diare dan kram.

• Pereda nyeri, seperti Parasetamol dan Ibuprofen, dapat membantu mengurangi nyeri perut dan nyeri kram yang disebabkan karena beberapa kondisi. 

10. Minum Air Putih

Dengan meminum air putih juga ternyata dapat menetralkan sakit perut secara alami, karena tubuh setelah minum air putih akan dapat mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan secara efisien. Sedangkan jika kekurangan air putih maka akan terjadi dehidrasi yang memungkinkan tubuh kesulitan dalam mencerna sehingga kemungkinan besar terjadi sakit perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obat tradisional perut lapar sakit perut
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top