Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Efek Samping Biji Ketumbar bagi Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi biji ketumbar dalam jumlah banyak ternyata bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 11 Juli 2022  |  15:47 WIB
Efek Samping Biji Ketumbar bagi Kesehatan Tubuh
Ketumbar memiliki manfaat bagi tubuh, tetapi bisa memiliki efek samping bila dikonsumsi berlebihan - tanamanobat.net
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketumbar yang dijadikan bumbu dapur memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Namun, efek samping akan muncul, bila mengonsumsi berlebihan.

Mengutip Healthline, Senin (11/7/2022), mengonsumsi ketumbar berlebihan bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Efek samping bisa muncul seperti alergi dan gangguan organ hati.

Efek samping mengonsumsi ketumbar secara berlebihan:

1. Masalah Hati

Penggunaan biji ketumbar yang berlebihan dan berkepanjangan dapat menyebabkan masalah hati. Komponen minyak yang ada dalam biji ketumbar memang dapat membantu mengobati masalah hati, tetapi penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan sekresi empedu yang berlebihan dan menyebabkan kondisi abnormal.

2. Reaksi Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi seperti ruam, kesulitan bernapas, gatal-gatal, bengkak pada wajah/tenggorokan, pusing, dari penggunaan biji ketumbar. Jika Anda rentan terhadap masalah ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menggunakan agen penyedap ini.

3. Kehamilan dan Menyusui

Inilah salah satu efek samping serius dari biji ketumbar yang harus diwaspadai wanita. Ibu hamil dan menyusui disarankan menggunakan biji ketumbar dalam jumlah terbatas karena pengaruhnya terhadap sekresi kelenjar, terutama kelenjar tiroid, yang dapat menyebabkan kerusakan pada ibu dan janin serta kelenjar reproduksi.

4. Masalah Pernapasan

Penggunaan biji ketumbar dalam waktu lama dan berlebihan dapat menyebabkan masalah pernapasan disertai nyeri dada, tenggorokan kering, dan tenggorokan sesak. Jika Anda menghadapi masalah seperti itu, tindakan serta perawatan medis sangat diperlukan.

5. Sensitivitas Matahari

Terkadang, penggunaan biji ketumbar dapat menyebabkan sensitivitas terhadap sinar matahari, meningkatkan risiko kulit terbakar dan kanker kulit. Jika Anda menderita alergi atau sensitivitas matahari, disarankan untuk menggunakannya seminimal mungkin dan dalam pengawasan dokter.

6. Masalah Gastrointestinal

Penggunaan biji ketumbar dalam waktu lama atau berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare, sakit perut, IBS, kehilangan nafsu makan, dan dehidrasi.

7. Terlambat Menstruasi

Umumnya biji ketumbar digunakan untuk mengobati gangguan menstruasi, tetapi beberapa wanita mungkin mengalami keterlambatan menstruasi akibat penggunaannya. Jika Anda menghadapi masalah seperti itu, Anda perlu memeriksa dosis konsumsi ketumbar harian Anda.

8. Hipoglikemia atau Gula Darah Rendah

Biji ketumbar telah lama digunakan dalam pengobatan diabetes karena memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah. Jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk diabetes, Anda harus memantau kadar gula darah Anda sebelum mengonsumsi ketumbar karena kandungannya dapat menurunkan kadar gula darah Anda secara drastis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ketumbar kesehatan Imunitas tubuh tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top