Kanker kelenjar getah bening/Istimewa
Health

Waspada! Makanan Ini Bisa Picu Munculnya Kanker Kelenjar Getah Bening

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 12 Juli 2022 - 18:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kelenjar getah bening tersebar di tubuh manusia dan terhubung melalui jaringan pembuluh getah bening. Namun hanya ada beberapa bagian yang dapat teraba misalnya saja pada bagian leher, bawah dagu, ketiak, dan sela paha.

Dr. Rochsismandoko, SpPD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin, Metabolik & Diabetes dari Primaya Hospital Tangerang menjelaskan bahwa Kelenjar Getah Bening (KGB) adalah organ yang berbentuk seperti kacang merah dan merupakan bagian dari sistem limfatik yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh dan terdapat di seluruh tubuh kita.

Dikutip dari laman resemi Primaya, dia menyebutkan jumlah kelenjar getah bening manusia terdiri dari sekitar 600 buah, berukuran mulai dari beberapa mm sampai 2 cm. “Kelenjar getah bening ini berisi kumpulan sel yang membentuk pertahanan tubuh, terutama sel limfosit B dan T yang merupakan bagian dari sel darah putih, juga ada sel plasma, moosit, histiosit,”jelasnya.

Menurutnya, fungsi utama kelenjar getah bening adalah sebagai penyaring untuk mengidentifikasi dan melawan infeksi. Perannya dijalankan oleh sel limfosit B dan T. Sel limfosit ini akan beredar didalam aliran darah dan jika menemukan target sel yang terinfeksi (antigen) akan melekat dan kemudian merangsang respon kekebalan dari sel limfosit untuk membentuk antibodi tertentu.

Meskipun tidak ada diet khusus untuk menjaga sistem getah bening Anda terjaga dengan baik, ada beberapa makanan kaya nutrisi yang bisa meningkatkan kekebalan dari sistem getah bening Anda, dan membantu tubuh Anda melawan infeksi dan mencegah penyumbatan kelenjar getah bening, menurut Klinik Cleveland.

Berikut adalah beberapa makanan untuk dimakan dan lainnya yang harus dibatasi atau dihindari karena bisa memicu kanker kelenjar getah bening dilansir dari livestrong:

1. Makanan Olahan

Diet tinggi makanan olahan dapat menghalangi sistem kekebalan tubuh yang sehat, menurut Harvard Health Publishing. Beberapa makanan yang harus diperhatikan antara lain makanan dengan tambahan gula, seperti makanan panggang kemasan, sereal sarapan dan granola dan bumbu seperti saus tomat, saus marinara, dan saus barbekyu, daging olahan seperti bacon, sosis, dan hot dog, dan keripik.

2. Daging Merah

Makan makanan Barat dengan daging merah, makanan olahan dan tidak cukup buah dan sayuran dapat mengganggu mikrobioma usus Anda, yang dapat menyebabkan peradangan dan penurunan fungsi kekebalan tubuh, menurut Harvard Health Publishing. Berikut adalah beberapa daging yang harus dibatasi seperti daging sapi, daging sapi muda, babi, dan domba.

3. Kafein

Meskipun minuman berkafein seperti kopi baik-baik saja dalam jumlah sedang, minum terlalu banyak dalam sehari dapat membuat Anda dehidrasi, menurut Klinik Cleveland, yang dapat menghalangi drainase limfatik yang sehat.

Tetap berpegang pada Pedoman Diet 2020-2025 - jumlah harian yang direkomendasikan 400 miligram atau kurang (sekitar 4 cangkir kopi).

Selain rencana diet sistem limfatik Anda, Anda juga harus berolahraga secara teratur dan menghindari paparan bahan kimia beracun seperti yang ada dalam produk pembersih, yang keduanya juga dapat membantu mendukung kesehatan getah bening secara keseluruhan, menurut Klinik Cleveland.

Sedangkan makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan kelenjar getah bening Anda adalah sebagai berikut:

1. Protein

Protein adalah nutrisi penting untuk kesehatan sel sistem kekebalan Anda, menurut Harvard Health Publishing. Dan semakin sehat sel-sel kekebalan Anda, semakin baik tubuh Anda dapat melawan penjajah dan menjaga kesehatan sistem limfatik Anda.

Sumber protein yang baik meliputi dada ayam, ikan seperti salmon dan tuna, produk kedelai seperti tahu dan tempe, kacang-kacangan seperti lentil dan kacang hitam, produk susu seperti yogurt, susu, dan keju cottage, dan telur. Kacang-kacangan dan produk kacang seperti almond dan selai kacang 

2. Vitamin C

Vitamin C dapat membantu mencegah infeksi atau membuatnya hilang lebih cepat, menurut Klinik Cleveland. Hasil? Lebih sedikit ketegangan pada sistem getah bening Anda dan kemungkinan penyumbatan yang lebih rendah, yang keduanya dapat mengacaukan drainase limfatik.

Makanan kaya vitamin C untuk kesehatan getah bening seperti jambu biji, kiwi,  nanas, buah jeruk seperti jeruk dan jeruk bali, Berry, Semangka, sayuran hijau seperti kangkung dan bayam, paprika, brokoli, kol bunga, kubis Brussel.

3. Vitamin B6

Vitamin penting lainnya untuk kelenjar getah bening Anda adalah vitamin B6. Tidak mendapatkan cukup nutrisi penting ini dalam makanan Anda dapat mencegah produksi sel sistem kekebalan yang disebut limfosit, yang membantu sistem getah bening Anda melawan infeksi yang dapat mengganggu drainase yang tepat, menurut Linus Pauling Institute.

Makanan yang kaya vitamin B6 meliputi ikan salmon, tahu, kentang dan ubi jalar, pisang.

4. Seng

Seng adalah mineral yang membantu menciptakan sel sistem kekebalan baru, menurut Klinik Cleveland. Kadar seng yang rendah telah dikaitkan dengan fungsi kekebalan yang berkurang dan peningkatan risiko infeksi, menurut ODS, yang dapat menghalangi drainase limfatik yang tepat.

Masukkan makanan tinggi seng ini ke dalam diet Anda seperti tiram, tahu, kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong, kacang polong hitam dan buncis, yogurt, Havermut,  Kacang mete, dan bayam.

5. Minum Air dengan Diet Pembersihan Limfatik Anda

Makanan sehat bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan sistem limfatik Anda: Jangan lupa untuk menghidrasi juga! Minum banyak air dapat membantu cairan getah bening bergerak lebih mudah melalui tubuh Anda untuk mencegah penumpukan, menurut Klinik Cleveland.

Cara cepat untuk menghitung berapa banyak air yang harus Anda minum dalam sehari? Bagilah berat badan Anda (dalam pound) menjadi dua, lalu minum jumlah itu dalam ons cairan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro