Air Zamzam di Mekah
Travel

Sejarah Air Zamzam dan Khasiat Ajaibnya

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 13 Juli 2022 - 14:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Air zamzam dipercaya sebagai air suci yang diberkahi umat Islam.

Sumber air ini adalah sumur Zamzam yang terletak di dalam Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi. Sejarah air Zamzam sama menariknya dengan khasiatnya, keduanya menekankan pentingnya agama.

Sejarah Air Zamzam

Air Zamzam terletak di sumur berjarak 20 meter di sebelah timur Al-Ka'bah, yang dikenal sebagai tempat paling suci dalam Islam. Sebagaimana diriwayatkan oleh Ibn 'Abbas, Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah untuk membawa istrinya, Hagar dan putranya, Ismail ke Makkah.

Selama waktu ini, Mekah adalah tanah tandus. Mengikuti perintah Allah, Nabi meninggalkan istri dan putranya dengan beberapa kurma dan air kemudian ia kembali ke rumah. Setelah menghabiskan beberapa waktu di tanah tandus ini, kurma dan air habis. Ketika Ismail muda mulai menangis karena kehausan, Hagar mulai mencari air.

Hagar berlari naik dan turun tujuh kali bukit Safa dan Marwa yang kemudian menjadi alasan untuk mengelilingi Ka'bah tujuh kali sebagai ritual penting umrah dan haji. Dalam keadaan resah ini, Ismail muda mulai menendang tanah.

Tiba-tiba, Hagar melihat air mengalir dari tempat yang ditendang Ismail. Ia dengan hati-hati mengumpulkan air untuk dirinya sendiri dan mulai memberikannya kepada Ismail. Air yang menyembur itu kemudian dikenal sebagai air Zamzam yang diberkahi.

Khasiat Ajaib dari Air Zamzam

Terdapat beberapa versi sejarah mengenai sumur Zamzam, satu hal yang sama dan tak terbantahkan adalah makna religius dari air sucinya. Nabi (SAW) berkata, “Air terbaik di muka bumi adalah air Zamzam, itu adalah sejenis makanan dan penyembuh dari penyakit.” – Shahih al-Jami, 3302.

Keajaiban sumur Zamzam dan air sucinya menjadikannya bagian penting dari sejarah Islam. Beberapa khasiat air zamzam yang terkenal antara lain, dilansir dari Zamzam:

  1. Membantu menahan rasa lapar
  2. Membantu meningkatkan penglihatan dan masalah lain yang berhubungan dengan mata
  3. Membantu mengurangi keasaman
  4. Sangat membantu dalam mencegah karies gigi
  5. Sumber nutrisi yang baik dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  6. Memenuhi keinginan dan doa para peziarah
  7. Membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak
  8. Sebagai sistem kekebalan tubuh manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro