Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ragam Obat Sakit Perut Rumahan yang Alami dan Mudah Didapat

Penyebab sakit perut secara umum adalah adanya gas, gangguan pencernaan, sembelit, dan diare. Penyakit menular seperti flu juga dapat menyebabkan sakit perut. Berikut penyebab yang lebih jarang terjadi
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 21 Juli 2022  |  15:27 WIB
Ragam Obat Sakit Perut Rumahan yang Alami dan Mudah Didapat
Ragam Obat Sakit Perut Rumahan yang Alami dan Mudah Didapat - boldsky.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Setiap orang pasti pernah mengalami sakit perut dan gangguan pencernaan.

Kondisi ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan, dan seringkali dapat diobati dengan menggunakan pengobatan rumahan.

Sakit perut adalah rasa sakit yang dialami seseorang di antara dada hingga selangkangan. Rasa sakit ini bervariasi dan mempengaruhi berbagai area perut seperti hati, kantong empedu, pankreas, dan usus.

Dilansir dari Medical News Today, gejala umum sakit perut dan gangguan pencernaan meliputi:

  1. Mulas, atau refluks asam
  2. Mual
  3. Kembung
  4. Bersendawa, mengeluarkan cairan atau makanan yang pahit atau berbau busuk
  5. Kentut
  6. Bau mulut atau nafas asam
  7. Cegukan atau batuk

Penyebab sakit perut secara umum adalah adanya gas, gangguan pencernaan, sembelit, dan diare. Penyakit menular seperti flu juga dapat menyebabkan sakit perut. Berikut penyebab yang lebih jarang terjadi:

  1. Radang paru-paru
  2. Infark miokard
  3. Hernia strangulate
  4. Peritonitis
  5. Sumbatan usus
  6. Radang usus buntu
  7. Pankreatitis
  8. Batu ginjal
  9. Kista ovarium

Pengobatan Rumahan

Ada beberapa pengobatan rumahan untuk sakit perut. Beberapa pengobatan juga dapat bermanfaat untuk sakit perut karena penyebab lain, seperti sindrom iritasi usus besar. Berikut 12 pengobatan rumahan yang bisa Anda coba:

1. Air Minum

Tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien. Dehidrasi membuat pencernaan lebih sulit dan kurang efektif, yang meningkatkan kemungkinan sakit perut. Air minum dapat membantu mengurangi mulas. Sekitar 8 gelas air atau lebih sehari direkomendasikan demi kesehatan.

2. Hindari Berbaring

Menghindari berbaring dapat gangguan pencernaan. Saat tubuh berada dalam posisi horizontal, asam di perut lebih cenderung bergerak mundur dan bergerak ke atas, yang dapat menyebabkan mulas. Orang dengan sakit perut harus menghindari berbaring atau tidur setidaknya selama beberapa jam sampai sakitnya reda.

3. Jahe

Jahe dapat membantu mengurangi mual dan muntah pada orang yang sedang hamil atau mereka yang menjalani kemoterapi. Orang dengan sakit perut dapat mencoba menambahkan jahe ke makanan mereka atau meminumnya sebagai teh. Teh jahe banyak tersedia untuk dibeli di supermarket dan online.

4. Pola Makan BRAT

BRAT adalah singkatan dari Banana, Rice, Applesauce, dan Toast. Makanan ini dapat mengurangi jumlah tinja yang dikeluarkan seseorang dan membantu meringankan diare mereka. Karena makanan ini hambar, maka tidak mengandung zat yang mengiritasi lambung, tenggorokan, atau usus. Oleh karena itu, diet ini dapat meredakan iritasi jaringan akibat asam pada muntahan.

5. Menghindari Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan alkohol dapat memicu gangguan pencernaan dan kondisi gastrointestinal lainnya, seperti penyakit refluks gastrointestinal (GERD).

6. Menghindari Makanan yang Sulit Dicerna

Penelitian menunjukkan bahwa makanan berikut dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan:

  1. Makanan berlemak atau asam
  2. Produk gandum
  3. Buah dan jus buah seperti semangka
  4. Makanan pedas
  5. Makanan berminyak

7. Perasan Jeruk Nipis atau Lemon, Soda Kue, dan Air

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencampurkan air jeruk nipis atau lemon dalam air dengan sedikit soda kue dapat membantu meredakan mulas dan gangguan pencernaan, hal ini dikarenakan dapat mengurangi keasaman lambung.

8. Buah Ara

Buah ara atau tin mengandung zat yang bertindak sebagai pencahar untuk meringankan sembelit dan mendorong buang air besar yang sehat. Buah ara juga mengandung senyawa yang dapat membantu meringankan gangguan pencernaan.

9. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya dapat membantu mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar dan radang usus besar, meskipun bukti untuk manfaat ini sedikit dan perlu penelitian lebih lanjut.

10.  Basil

Daun basil mengandung zat yang dapat mengurangi gas. Basil juga mengandung kadar asam linoleat yang tinggi, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Tersedia untuk dibeli di toko kelontong, toko berkebun, dan online.

11.  Akar Manis

Produk yang mengandung akar manis dapat membantu meredakan gejala pencernaan. Seseorang dengan sakit perut dapat mencoba minum teh akar manis beberapa kali sehari sampai gejalanya membaik.

12.  Nasi

Nasi putih bermanfaat bagi mereka yang sakit perut karena sindrom iritasi usus. Nasi juga merupakan bagian dari diet BRAT yang direkomendasikan oleh dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bahan Alami sakit perut pengobatan herbal
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top