Machu Picchu di Peru/machupicchu.com
Travel

Sejarah 24 Juli, Kota Inca Machu Picchu Ditemukan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 24 Juli 2022 - 08:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada 24 Juli 1911, seorang arkeolog bernama Hiram Bingham III menemukan kota Inca kuno Machu Picchu.

Pada musim panas 1911, berdasarkan sejarah dilansir dari History.com, arkeolog Amerika Hiram Bingham tiba di Peru dengan tim kecil penjelajah yang berharap menemukan Vilcabamba, benteng terakhir Inca yang jatuh ke tangan Spanyol.

Bepergian dengan berjalan kaki dan dengan keledai, Bingham dan timnya berjalan dari Cuzco ke Lembah Urubamba, di mana seorang petani setempat memberi tahu mereka tentang beberapa reruntuhan yang terletak di puncak gunung terdekat.

Petani itu menyebut gunung itu Machu Picchu, yang diterjemahkan menjadi "puncak tua" dalam bahasa asli Quechua. Pada tanggal 24 Juli, setelah pendakian yang sulit ke punggungan gunung dalam cuaca dingin dan gerimis, Bingham bertemu dengan sekelompok kecil petani yang menunjukkan kepadanya sisa perjalanan. Dipimpin oleh seorang anak laki-laki berusia 11 tahun, Bingham melihat sekilas jaringan rumit dari teras batu yang menandai pintu masuk ke Machu Picchu.

Bingham yang bersemangat menyebarkan berita tentang penemuannya dalam sebuah buku terlaris, "Kota yang Hilang dari Suku Inca," mengirimkan gerombolan turis yang bersemangat berbondong-bondong ke Peru untuk mengikuti jejaknya menyusuri Inca Trail yang sebelumnya tidak jelas. Dia juga menggali artefak dari Machu Picchu dan membawanya ke Universitas Yale untuk pemeriksaan lebih lanjut, memicu perselisihan hak asuh yang berlangsung hampir 100 tahun. Baru setelah pemerintah Peru mengajukan gugatan dan melobi Presiden Barack Obama untuk mengembalikan barang-barang itu, Yale setuju untuk menyelesaikan pemulangan mereka.

Meskipun dia dipuji karena membuat Machu Picchu dikenal dunia, tapi tidak pasti bahwa Bingham adalah orang luar pertama yang mengunjunginya. Ada bukti bahwa misionaris dan penjelajah lain mencapai situs tersebut selama abad ke-19 dan awal abad ke-20 tetapi kurang vokal tentang apa yang mereka temukan di sana.

Sejarawan percaya Machu Picchu dibangun pada puncak Kekaisaran Inca, yang mendominasi Amerika Selatan bagian barat pada abad ke-15 dan ke-16. Itu ditinggalkan sekitar 100 tahun setelah pembangunannya, mungkin sekitar waktu Spanyol memulai penaklukan mereka atas peradaban pra-Columbus yang perkasa pada tahun 1530-an. Namun, tidak ada bukti bahwa para penakluk pernah menyerang atau bahkan mencapai benteng puncak gunung; karena alasan ini, beberapa orang berpendapat bahwa desersi penduduk terjadi karena epidemi cacar.

Banyak arkeolog modern sekarang percaya bahwa Machu Picchu berfungsi sebagai tanah kerajaan untuk kaisar dan bangsawan Inca. Yang lain berteori bahwa itu adalah situs keagamaan, menunjukkan kedekatannya dengan pegunungan dan fitur geografis lainnya yang dianggap suci oleh suku Inca. Lusinan hipotesis alternatif telah muncul di tahun-tahun sejak Machu Picchu pertama kali diluncurkan ke dunia, dengan para sarjana menafsirkannya secara beragam sebagai penjara, pusat perdagangan, stasiun untuk menguji tanaman baru, tempat peristirahatan wanita atau kota yang dikhususkan untuk penobatan. raja, di antara banyak contoh.

Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1983 dan ditetapkan sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Baru pada tahun 2007, Machu Picchu adalah atraksi yang paling banyak dikunjungi di Peru dan reruntuhan paling terkenal di Amerika Selatan, menyambut ratusan ribu orang setiap tahun. Meningkatnya pariwisata, perkembangan kota-kota terdekat dan degradasi lingkungan terus berdampak pada lokasi tersebut, yang juga merupakan rumah bagi beberapa spesies yang terancam punah. Akibatnya, pemerintah Peru telah mengambil langkah-langkah untuk melindungi reruntuhan dan mencegah erosi lereng gunung dalam beberapa tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro