Ilustrasi long distance relationship/freepik
Relationship

Kiat Menjaga Hubungan LDR Langgeng dan Kian Mesra

Intan Riskina Ichsan
Minggu, 24 Juli 2022 - 12:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) bisa menjadi sulit karena kurangnya keintiman secara fisik. Jika ini adalah hubungan baru, jarak juga bisa membuat sulit untuk mengenal satu sama lain.

Terlepas dari tantangan ini, LDR dapat berhasil jika kedua belah pihak sama-sama mau berusaha. Berikut adalah 10 tips untuk menjaga hubungan LDR Anda tetap berjalan baik, dilansir dari Bolde:

1. Kreatif dengan Kencan Online

Sejak pandemi, telah terjadi peningkatan jumlah aktivitas virtual. Anda dapat menjalani kencan secara kreatif meskipun tidak bersama secara fisik. Cobalah ide kencan virtual, contohnya memasak makanan yang sama bersama-sama atau melakukan tur museum secara virtual. Kegiatan semacam itu membuat hubungan Anda tetap menarik.

2. Rencanakan Bertemu Secara Langsung

LDR tidak berarti Anda tidak pernah bertemu satu sama lain. Anda tetap dapat merencanakan kunjungan sesering mungkin jika memungkinkan. Namun, jika biaya ongkos sangat mahal untuk melakukan perjalanan jauh, Anda dapat membuat rencana untuk bertemu di titik tengah, sekaligus untuk menikmati liburan bersama.

3. Jangan Menghabiskan Seharian untuk Saling Berbicara

Saat Anda berjauhan satu sama lain, Anda pasti harus meluangkan waktu untuk pasangan melalui teks, panggilan telepon, atau video call. Namun, Anda tidak perlu melakukannya seharian. Sangat penting untuk saling memberi ruang dan melakukan kegiatan masing-masing. Dengan begitu, Anda akan lebih merindukan satu sama lain, jadi berbicara akan jauh terasa lebih istimewa.

4.  Saling Memberi Hadiah

Anda dan pasangan tidak dapat saling berpegangan sesering mungkin, tetapi Anda dapat saling memberi sesuatu yang dapat Anda pegang. Sesuatu berupa hadiah ini bisa merupakan hal yang mengingatkan Anda pada pasangan. Contohnya adalah bingkai foto, boneka beruang, perhiasan, ataupun gelas. Setiap Anda menyentuh benda tersebut, otomatis Anda akan segera mengingat pasangan.

5. Berkomunikasi dengan Cara yang Berbeda

Bisa membosankan jika Anda hanya berkomunikasi menggunakan satu metode. Agar lebih menarik, cobalah berkomunikasi dengan cara yang berbeda. Jika Anda selalu menggunakan telepon, cobalah panggilan video sebagai gantinya. Anda juga bisa menggunakan metode kuno yaitu saling menulis surat cinta, ini memberikan variasi dalam hubungan sehingga membuatnya menjadi lebih menarik.

6. Tahu Jadwal Satu Sama Lain

Penting bagi Anda untuk mengetahui jadwal satu sama lain sehingga Anda dapat mengoptimalkan komunikasi Anda. Terutama jika jarak Anda sangat jauh dan ada perbedaan zona waktu. Anda bisa menyesuaikan waktu agar saling berkomunikasi di saat senggang dan di waktu yang tepat. Jangan paksakan jika pasangan sedang sibuk.

7. Stalking Media Sosial

Melihat foto dan video pasangan dapat membuat Anda merasa sedang bersama mereka. Jadi, tetap posting di media sosial dan pantau profil masing-masing. Posting tentang satu sama lain juga untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda peduli padanya dan Anda masih menjalin hubungan dengannya.

8. Jujur dan Terbuka Satu Sama Lain

Tidak hanya berlaku untuk hubungan LDR, tetapi ini sangat penting dalam hubungan apapun. Bicarakan tentang perasaan takut dan cemburu Anda. Jangan mencoba untuk menangani hal-hal Anda sendiri. Berikan pasangan Anda ruang untuk membantu saat Anda membutuhkannya.

9. Memiliki Rencana Kencan

Salah satu cara untuk menjaga hubungan LDR Anda tetap kuat adalah dengan memiliki hal-hal yang dinanti-nantikan. Anda bisa mencoba kencan virtual tertentu, membaca buku yang sama, atau bepergian ke suatu tempat bersama. Jadikan ini rencana yang menjadi motivasi untuk segera melaksanakannya.

10.  Memiliki Tujuan yang Sama

Jika Anda berpikir mengenai solusi dari LDR ini, maka hubungan Anda akan terasa lebih mudah. Melakukan LDR selamanya pasti akan sulit, maka dari itu pikirkan jalan keluarnya untuk memotivasi satu sama lain. Diskusikan bagaimana dan kapan kalian akhirnya akan berdekatan atau pindah ke lokasi baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro