Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Makanan untuk Mencegah Penyakit Jantung Sejak Muda

Penyakit jantung bisa dicegah sejak muda, melalui makanan-makanan yang ada di sekitar Anda.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 25 Juli 2022  |  06:25 WIB
6 Makanan untuk Mencegah Penyakit Jantung Sejak Muda
Penyakit jantung bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan ini. - ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa makanan yang ampuh untuk mencegah penyakit jantung sejak usia muda pada tubuh.

Menurut American Heart Association, penyakit jantung adalah pembunuh utama wanita di atas usia 25 dan bertanggung jawab atas 1 dari setiap 4 kematian wanita di Amerika Serikat. Konon, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan diet sehat dan olahraga.

Ketika berbicara tentang kesehatan jantung dan diet, kita semua pernah mendengar tentang makanan yang tidak boleh kita makan. Jauhi daging merah, keju, dan apa pun yang digoreng—kami mengerti. Namun, berbicara tentang apa yang tidak boleh kita makan sedikit mengecewakan.

Berikut adalah 6 makanan yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung sejak usia muda:

1. Ikan salmon

Daging merah mungkin bukan yang terbaik untuk jantung Anda, tetapi daging salmon memang begitu. Omega-3 yang ditemukan dalam salmon dapat mencegah ritme jantung yang tidak menentu, mengurangi kemungkinan pembekuan darah di dalam arteri, meningkatkan rasio kolesterol baik terhadap kolesterol jahat, dan mencegah kolesterol menjadi rusak, yang pada titik itu menyumbat arteri.

Tip Memasak: Siapkan filet dengan bumbu atau gosok pilihan Anda dan masak di atas panggangan (poin tambahan untuk menggunakan papan kayu panggang). Tambahkan sayuran—asparagus, kembang kol, brokoli—dan Anda mendapatkan makanan yang sehat untuk jantung. Pastikan untuk menyimpan sepotong ikan untuk hidangan pasta atau salad di masa mendatang.

2. Bawang putih

Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menangkal penyakit jantung. Bawang putih memengaruhi tekanan darah, agregasi trombosit, kadar trigliserida serum, dan kadar kolesterol—semuanya menjaga kinerja jantung Anda.

Tip Memasak: Jika Anda belum memasukkan bawang putih ke dalam resep Italia Anda, inilah saatnya untuk memulai. Potong cengkeh, masukkan ke dalam wajan dengan sedikit minyak zaitun, dan berikan pasta dan hidangan daging Anda rasa yang luar biasa.

3. Jeruk

Irisan jeruk membantu mencegah oksidasi kolesterol; kolesterol teroksidasi menempel pada dinding arteri, membangun plak. Plak dapat tumbuh cukup besar untuk menghalangi aliran darah di pembuluh darah kecil, menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Tip Memasak: Oke, jadi sulit untuk memasak jeruk. Tapi mereka membuat tambahan yang bagus untuk salad atau camilan yang berdiri sendiri saat Anda mengupas dan mengirisnya.

4. Ikan Sarden

Meskipun mereka mungkin tidak memiliki reputasi terbaik, ikan kecil ini memberikan banyak manfaat kesehatan. Mereka sarat dengan asam lemak omega-3, kalsium, dan niasin. Niasin adalah vitamin B penting yang dapat meningkatkan HDL, juga dikenal sebagai kolesterol "baik". Bahkan, banyak ahli kesehatan yang menganggap ikan sarden sebagai makanan otak.

Tip Memasak: Cobalah masak di panggangan atau gunakan sarden kalengan yang dikemas dalam minyak pada salad, dalam sandwich, atau dalam saus.

5. Kenari

Kacang kenari adalah sumber omega-3 yang baik. Mereka mengandung asam alfa linoleat (ALA) yang menurut penelitian dapat membantu aritmia jantung. Meskipun mereka mungkin tinggi lemak, sebagian besar tak jenuh ganda, yang dianggap "lemak baik" dan memiliki efek menguntungkan pada kolesterol.

Tip Memasak: Gunakan segenggam kenari sebagai crunch beraroma untuk salad, pasta, kue kering, muffin, dan bahkan pancake. Atau hanya mengemasnya sebagai camilan sore yang cepat dan mudah.

6. Plum

Plum mungkin makanan yang Anda kaitkan dengan nenek tua yang manis, tetapi jika Anda berencana untuk membuatnya sampai tua, Anda mungkin ingin mengambil satu halaman dari buku resep nenek. Plum sarat dengan serat dan menyerap LDL, juga dikenal sebagai kolesterol "jahat". Plum juga mengandung zat besi tingkat tinggi dan dapat melindungi Anda dari kanker usus besar.

Tip Memasak: Cobalah sup daging domba dan prune, atau jika Anda tidak bisa makan buah plum, cobalah minum jus buah prune.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jantung penyakit jantung makanan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top