Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beragam Khasiat Buah Pisang, Salah Satunya Cegah Sakit Jantung

Berikut beragam manfaat buah pisang untuk kesehatan Anda yang bisa mulai dikonsumsi dari sekarang
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 Juli 2022  |  13:13 WIB
Beragam Khasiat Buah Pisang, Salah Satunya Cegah Sakit Jantung
Pisang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia adalah pisang.

Pisang mengandung banyak nutrisi yang diperlukan yang dapat membantu melindungi kesehatan seseorang. Beberapa di antaranya adalah magnesium, potasium, mangan, serat, protein dan vitamin seperti B6 dan C. Mengkonsumsi pisang dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kemungkinan kanker, dan bahkan menurunkan risiko serangan jantung.

Pisang merupakan sumber yang kaya akan potasium. Faktanya, satu buah pisang mengandung 455 mg potasium. Setiap detak jantung sangat bergantung pada kalium. Ini mendorong jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh 100.000 kali setiap hari. Selain itu, memfasilitasi fungsi neuron, otot, membantu ginjal dengan penyaringan darah dan mengatur aliran nutrisi masuk dan keluar dari sel yang selanjutnya membantu dalam menjaga tingkat cairan tubuh.

Menurut penelitian baru, dokter pada akhirnya dapat membantu pasien untuk mencegah beberapa penyakit jantung dengan memeriksa kadar kalium.

Para peneliti baru-baru ini melakukan penelitian menggunakan tikus dan menemukan hubungan antara asupan kalium makanan rendah dan perkembangan kalsifikasi arteri dan kekakuan aorta.

Penyakit jantung pada orang biasanya diprediksi oleh kekakuan aorta, sering dikenal sebagai "pengerasan arteri." Para peneliti menunjukkan bahwa tikus yang diberi diet kalium rendah memiliki tingkat kekakuan aorta yang lebih tinggi daripada tikus yang diberi diet kalium normal.

Penelitian tambahan mengungkapkan bahwa sepertinya kalium rendah mempromosikan ekspresi penanda gen tertentu. Ini, pada gilirannya, mendorong sel-sel otot polos pembuluh darah untuk mengapur dengan mengubahnya menjadi sel-sel yang menyerupai tulang.

Para peneliti sampai pada kesimpulan bahwa diet rendah kalium mendorong kekakuan aorta yang lebih tinggi, setidaknya pada model tikus. Di sisi lain, diet tinggi kalium tampaknya mengurangi kalsifikasi vaskular dan kekakuan aorta.

Berikut beragam manfaat buah pisang untuk kesehatan Anda yang bisa mulai dikonsumsi dari sekarang:

1. Pisang membantu mencegah serangan jantung

Penelitian baru menunjukkan bahwa makan pisang secara teratur dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke.

Pisang dan makanan lain yang tinggi kalium dapat mencegah penyumbatan fatal yang dapat berkembang dan mencegah arteri dari pengerasan dan penyempitan. Satu buah pisang memenuhi sekitar 10% kebutuhan kalium harian.

Menurut penelitian, mereka yang asupan kaliumnya paling rendah memiliki risiko 50% lebih tinggi terkena stroke dibandingkan mereka yang asupan kaliumnya paling tinggi.

Diketahui secara luas bahwa asupan garam yang berlebihan meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Pisang juga mengurangi dampak negatif garam pada tubuh seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa mineral membantu menjaga fungsi jantung, tetapi wanita tampaknya mendapat manfaat lebih dari pria.

Membatasi konsumsi garam telah menjadi penekanan saran kesehatan, namun itu menantang ketika makanan olahan adalah bagian besar dari diet modern, pisang memiliki sisi Anda. Pisang kaya akan potasium, dan membantu meningkatkan ekskresi natrium dalam urin.

2. Mempertahankan memori dan meningkatkan mood

Triptofan, asam amino yang ditemukan dalam pisang, dapat membantu dalam pelestarian memori, meningkatkan kapasitas seseorang untuk belajar dan memori, dan mengatur suasana hati.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Pisang kaya akan serat dan air, dua nutrisi yang mendukung keteraturan dan kesehatan pencernaan. Satu buah pisang ukuran sedang memasok sekitar 10% kebutuhan serat harian seseorang.
Menurut sebuah penelitian, makan makanan tinggi serat bisa membuat penderita penyakit radang usus mengalami gas, kram perut, dan kembung. Namun, para peneliti menemukan bahwa makan pisang dapat membantu gejala.

4. Membantu mencegah diabetes

Makan pisang dan buah lain yang mengandung serat dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Penelitian juga menyimpulkan bahwa mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu mencegah risiko diabetes tipe 2. Namun, penderita diabetes harus mengonsumsi pisang dalam jumlah sedang.

5. Kelola tekanan darah

Masyarakat didesak untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan kaya kalium sambil mengurangi asupan natrium, atau garam. Kalium dapat menurunkan stres kardiovaskular dan membantu mengendalikan tekanan darah.
Menurut data nutrisi, pisang berukuran sedang menawarkan hampir 10% dari kebutuhan kalium harian untuk seorang individu.

6. Mengurangi risiko kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa pisang dapat membantu dalam mencegah pertumbuhan sel Leukemia karena adanya protein yang dikenal sebagai lektin. Ini berfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan seperti ini membantu tubuh menyingkirkan radikal. Penumpukan terlalu banyak radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan akhirnya kanker.

Para peneliti berhipotesis bahwa ini mungkin juga karena adanya vitamin C, yang memiliki kualitas antioksidan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pisang buah jantung buah-buahan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top