Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Khasiat Buah Raspberry, Bisa Cegah Diabetes

Buah raspberry memiliki manfaat yang baik bagi kesehata dan bisa mencegah diabetes.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 02 Agustus 2022  |  21:35 WIB
Ini Khasiat Buah Raspberry, Bisa Cegah Diabetes
Rasperberi hitam - nutrawiki.org
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Buah cenderung memiliki reputasi buruk jika disandingkan dengan penyakit diabetes, namun ternyata buah berry memiliki pengecualian sebagai buah yang buruk untuk penyakit gula darah ini.

Buah berry ini memiliki kandungan yang tinggi akan serat dan rendah gula, akan tetapi diantara buah berry ini ada satu jenis berry yang sangat menonjol dalam mengontrol gula darah, yaitu buah raspberry.

Ahli diet mengatakan buah raspberry adalah berry terbak untuk gula darah tinggi, selain memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, raspberry ini juga memiliki kandungan gula darah paling rendah diantara buah lainnya.

Hal ini sejalan dengan studi pada 2019 di Food & Function, menemukan bahwa ketika orang dewasa pra-diabetes dengan resistensi insulin makan raspberry maka mereka memiliki kadar insulin pasca makan lebih rendah.

Indeks glikemik mengukur seberapa banyak gula darah Anda akan meningkat ketika makan makanan tertentu. 

Menurut Juliana Tamayo, RDN, editor Fitness Clone menyebut bahwa indeks glikemik raspberry adalah 32, angka tersebut dianggap sebagai buah yang memiliki indeks glikemik paling rendah.

Raspberry ini mengandung 8 gram serat per cangkir yang dapat membentuk sekitar setengah dari total kandungan karbohidrat, yang juga termasuk gula.

"Ini berarti ketika Anda makan raspberry, gula darah Anda tidak akan naik sebanyak itu karena Anda menyerap dan mencerna serat jauh lebih lambat," jelas Tamayo.

Konsumsi buah raspberry juga telah dikaitkan dengan manfaatnya untuk kesehatan khusus, yang dapat mendukung kontrol gula darah yang lebih baik.

Tak hanya itu, raspberry sangat tinggi dalam dua jenis antioksidan, yaitu flavonol dan antosianin, yang artinya zat antosianin dapat menghambat enzim pencernaan tertentu, sehingga dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

strawberry diabetes buah
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top