Ilustrasi Sariawan/Istimewa
Health

Beragam Cara Mengobati Sariawan yang Mudah dan Murah

Widya Islamiati
Rabu, 3 Agustus 2022 - 17:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mulut, sebagai gerbang masuknya makanan dan minuman ke dalam tubuh manusia. 

Ini menjadikan mulut sebagai tempat awal diprosesnya makanan ataupun minuman yang dikonsumsi manusia.

Tak heran jika ada segudang permasalahan kesehatan yang bisa terjadi di mulut, salah satunya sariawan.

Penyebab timbulnya sariawan diantaranya adalah rusaknya lapisan mulut yang terjadi akibat menyikat gigi yang terlalu keras, penggunaan kawat gigi ataupun penggunaan gigi palsu.

Jadi, para pengguna kawat gigi bisa jadi adalah orang yang langganan sariawan. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara mudah untuk mengusir sariawan.

Berikut cara mengatasi sariawan dengan mudah dilansir dari berbagai sumber :

1. Berkumur dengan larutan soda kue dan garam

Sariawan dapat diobati dengan dua bahan yang cukup mudah ditemukan di dapur, soda kue dan garam. Caranya tuangkan air putih secukupnya ke dalam gelas yang telah dibersihkan, lalu campurkan soda kue dan garam secukupnya kedalam air, aduk aduk. Larutan soda kue dan garam siap dijadikan obat kumur bagi penderita sariawan.

2. Minum Ramuan Sambiloto, Jeruk Nipis dan Madu

Siapa sangka ternyata sambiloto bisa digunakan untuk mengobati sariawan, jika dijodohkan dengan jeruk nipis dan madu. Tiga serangkai ini jika diseduh dan diminum hangat-hangat, akan membantu mengatasi nyeri sariawan.

3. Menggunakan Salep Pereda nyeri

Menggunakan salep Pereda nyeri adalah cara yang diharapkan dapat mengobati sariawan secara instan. Diantara salep yang andalan dalam meredakan nyeri sariawan adalah Orajel atau Anbesol.

4. Gunakan Antibiotik

Salah satu kandungan obat yang serbabisa ini, tidak hanya dapat mengobati sakit gigi, permasalahan kesehatan mulut yang dapat diatasi juga oleh antibiotik adalah sariawan.

5. Mengoleskan Es Pada Sariawan

Es yang bisa mengobati haus dahaga ternyata juga bisa mengobati sakit sariawan. Caranya sangat mudah, dengan mengoleskan es ke area sawiawan dan biarkan dinginnya es bekerja.

6. Mengonsumsi Teh Chamomile

Teh chamomile yang biasa dinikmati untuk melepas penat karena memberikan sensasi santai ini juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Jadi sambil duduk bersantai di sofa, mendengarkan music yang tenang ditemani seduhan teh chamomile yang nikmat, bisa juga sambil mengobati sariawan.

7. Mengonsumsi Suplemen yang Mengandung Asam Folat, Vitamin B12, Zat Besi, dan Elektrolit

Nama asam folat seringkali didengar sebagai kandungan yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Ternyata, asam folat menjadi salah satu kandungan yang dibutuhkan juga oleh penderita sariawan. Selain asam folat, penderita sariawan juga dianjurkan untuk meminum suplemen yang mengandung vitamin b12, zat besi, juga elektrolit. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro