Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyakit Bisa Dilihat dari Lidah Anda, Perhatikan Perubahan Warnanya

Jika lidah Anda berwarna ungu, ada masalah dengan sirkulasi darah yang baik dan itu bisa menjadi gejala dari kondisi jantung. Selain itu, lidah putih dapat mengindikasikan sariawan, suatu kondisi yang menyebabkan pertumbuhan ragi di permukaan lidah, biasanya sebagai efek samping dari obat-obatan atau usia tertentu.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 08 Juni 2022  |  14:19 WIB
Penyakit Bisa Dilihat dari Lidah Anda, Perhatikan Perubahan Warnanya
Lidah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Lidah Anda adalah otot mulut kecil yang terbuat dari delapan otot mini yang membantu Anda membedakan rasa manis, asam, atau pahit.

Dilansir dari Health Digest, organ kecil ini memainkan peran penting dalam membantu Anda berbicara, mengunyah, dan menelan.

Lidah bisa merasakan ribuan rasa di seluruh permukaannya, untuk membedakan rasa yang berbeda, dan ditutupi dengan lapisan mukosa.

Lidah memiliki seluruh jaringan saraf yang berkomunikasi dengan otak. Warna alami lidah adalah merah muda. Namun, terkadang, beberapa kondisi kesehatan seseorang dapat menyebabkan warna lidah berubah.

Selain warna, tekstur lidah juga cukup penting. Lidah yang sehat tampak halus kecuali papila yang merupakan bagian dari indera perasa. Tetapi jika ada benjolan, itu bisa jadi karena masalah kesehatan.

Tanda dari Lidah

Jika lidah Anda merah, itu bisa mengindikasikan kekurangan vitamin B, eksim, atau bahkan penyakit Kawasaki. Jika Anda seorang perokok, lidah Anda tampak cokelat. Lidah biru menunjukkan bahwa Anda tidak mendapatkan oksigen yang cukup, yang merupakan tanda gangguan paru-paru atau ginjal.

Jika lidah Anda berwarna ungu, ada masalah dengan sirkulasi darah dan itu bisa juga menjadi gejala dari kondisi jantung. Selain itu, lidah putih dapat mengindikasikan sariawan, suatu kondisi yang menyebabkan pertumbuhan ragi di permukaan lidah, biasanya sebagai efek samping dari obat-obatan atau usia tertentu.

Lidah berbulu juga merupakan tanda mengkhawatirkan yang tidak boleh Anda abaikan. Jika tekstur lidah Anda tampak kabur dan gelap, itu berarti Anda memiliki papila yang tumbuh terlalu banyak sehingga tampak seperti rambut gelap. Ini lebih sering terjadi pada pria tetapi umumnya terjadi pada mereka yang tidak menyikat dengan benar atau teratur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit lidah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top