Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bedanya Bioskop Reguler, IMAX, Premier, 3D, dan Dolby Atmos

Simak perbedaan cinema regular, Imax, the Premiere dan juga Dolby Atmos ini berdasarkan video unggahan Youtube kanal Cinema 21.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  12:41 WIB
Bedanya Bioskop Reguler, IMAX, Premier, 3D, dan Dolby Atmos
Gedung Bioskop
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menonton bioskop di akhir pekan bisa menjadi pilihan healing yang low budget. Sajian film-film berkualitas dari dalam dan luar negeri ditayangkan di bioskop.

Tapi ternyata di bioskop itu ada beberapa jenis studio dengan keunggulan masing-masing, seperti studio reguler yang tersebar di seluruh Indonesia, ada juga studio Imax, studio the Premiere dan yang studio dengan audio Dolby Atmos.

Apa saja perbedaannya? Yuk simak perbedaan cinema regular, Imax, the Premiere dan juga Dolby Atmos ini berdasarkan video unggahan Youtube kanal Cinema 21.

1. IMAX

Berbeda dengan Bioskop Reguler, Menonton Film di Imax Terasa yang Lebih Nyata

Baru-baru ini, setelah penayangan film Pengabdi Setan 2: Communion, Imax menjadi lebih sering disebut-sebut. Pasalnya, film karya Joko Anwar itu berhasil menjadi film pertama yang masuk ke Imax. Lalu, apa itu Imax?

Imax adalah singkatan dari Image Maximum, sebuah format layar bioskop yang mampu menampilkan gambar dengan ukuran dan resolusi yang lebih besar dari ukuran layar teater bioskop pada umumnya, yaitu 22m. Selain itu, Imax juga hadir dengan crystal clear image yang membuat kualitas gambar yang dihasilkan menjadi sebening kristal.

Immersive theater geometry yang dimiliki Imax juga membuat penonton merasakan pengalaman seolah-olah masuk ke dalam film yang sedang ditonton. Lebih Nyata!

Di Indonesia, salah satu bioskop dengan studio Imaz terbaik ada di Kelapa Gading Mal, dengan kapasitas terbesar yang mencapai 570 kursi. Selain itu, Imax juga ada di Mal Gandaria City, Summarecon Mal Bekasi, Summarecon Mal Serpong, Pakuwon Mal, Tunjungan 5 dan The Breeze BSD.

2. Premier

Menonton Film di Studio The Premiere, Seperti di Kamar Sendiri

Salah satu studio unggulan lainnya selain Imax adalah the Premiere. Berbeda dengan menonton bioskop studio regular yang umumnya memiliki kursi warna merah dengan sandaran tegak, studio the Premiere punyai kursi yang bisa memanjakan penonton bak menenoton film di kamar sendiri.

Studio the Premiere yang tersebar di 66 kota di Indonesia ini, menyediakan berbagai fasilitas yang lebih mewah dan eksklusif, seperti kursi empuk yang bisa disesuaikan dengan keinginan penonton, bisa duduk tegak ataupun berselonjor santai. Tidak hanya itu, ada juga laci tempat menyimpan makanan yang juga di dalamnya tersimpan selimut. Selimut ini bisa digunakan oleh penonton selama menonton film di studio the Premiere.

Jadi, selain bisa nonton film sambil selonjoran dan makan tanpa takut tumpah, juga bisa selimutan. Wah serasa di kamar sendiri!

3. Dolby Atmos

Dolby atmos adalah teknologi audio yang menciptakan hasil suara lebih jernih, lembut dan juga menggelegar. Audio ini dapat mengajak penonton untuk menonton film dengan sensasi yang lebih nyata, seolah-olah penonton sedang berada dalam adegan-adegan film yang sedang ditonton.

Hal itu dikarenakan dolby atmos punyai berbagai keunggulan, diantaranya penambahan speaker yang berada di bagian atas studio atau tersebar di atas kepala penonton, membuat suara lebih realistis. Juga penambahan surround sound yang terdapat di seluruh sisi ruangan termasuk di belakang layar, mampu membuat suara yang dihasilkan lebih lembut. Suara bass yang dihasilkan oleh audio dengan dolby atmos lebih kuat. Dan terakhir, mampu memindah kan suara objek di seluruh ruangan cinema secara presisi.

Di Indonesia, 14 cinema dengan studio yang dilengkapi dengan audio dolby atmos, diantaranya Gandaria City Mal, Mal Artha Gading, dan juga Plaza Senayan.

4. 3D

Bioskop mini 3D menyajikan tayangan berupa gambar bergerak dengan efek visual 3 dimensi (3D) yang tampak sangat nyata. Para penonton film 3D seakan diajak menjadi bagian nyata sebuah film, dan hal ini akan memberikan pengalaman seru tersendiri bagi para penonton tersebut. 

5. Reguler

Sedangkan bioskop reguler adalah bioskop yang menawarkan layanan menonton film dengan fasilitas standar bioskop pada umumnya. Jenis bioskop ini paling banyak ada di tanah air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bioskop Film teater nonton film layar lebar
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top