Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Minuman yang Bikin Otak Cepat Tua

Kebiasaan tertentu dapat memperlambat proses penuaan otak, sementara yang lain dapat mempercepatnya
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 09 Agustus 2022  |  08:33 WIB
Minuman yang Bikin Otak Cepat Tua
Ilustrasi - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Otak manusia akan menua dari waktu ke waktu, sama seperti bagian tubuh Anda yang lain. Namun, pola makan dan gaya hidup Anda juga dapat memengaruhi tingkat usia otak Anda.

Kebiasaan tertentu dapat memperlambat proses penuaan otak, sementara yang lain dapat mempercepatnya.

Jadi, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula sesekali tidak akan membuat otak Anda menua sebelum waktunya, tetapi mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah besar secara teratur dapat menyebabkan komplikasi dengan kesehatan otak dan kognitif Anda.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan di Alzheimer's & Dementia menemukan bahwa soda dikaitkan dengan percepatan penuaan otak dan bahwa peserta yang minum setidaknya satu soda setiap hari mengalami penurunan volume otak yang lebih tinggi.

Para peserta yang minum soda secara teratur juga memiliki memori "episodik" yang lebih buruk—yaitu, ingatan jangka panjang dari peristiwa masa lalu.

Banyak dari peserta ini juga memiliki volume hipokampus yang lebih kecil, yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab atas sebagian besar fungsi memori dan pembelajaran kita. Volume hipokampus kita secara alami menurun seiring bertambahnya usia, tetapi penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi minuman manis secara teratur dapat mempercepat proses ini.

Penelitian juga menemukan hubungan antara diet soda dan kesehatan otak.

Satu studi yang diterbitkan di Stroke menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi satu diet soda setiap hari hampir tiga kali lebih mungkin terkena stroke atau demensia.

Temuan ini mengejutkan, dan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, terutama karena penelitian tersebut mencatat bahwa mereka tidak dapat menjelaskan kondisi tertentu yang mungkin dialami peserta selama penelitian, seperti diabetes. Namun, itu cukup menjadi alasan untuk memikirkan kembali apakah Anda benar-benar perlu minum soda diet setiap hari.

Selain soda, alkohol juga bisa mempercepat penuaan otak Anda. Tetapi yang diperdebatkan adalah apakah alkohol yang dikonsumsi dalam jumlah sedang dapat memengaruhi kognisi Anda juga.

Penelitian terbaru dari tahun 2022 menunjukkan bahwa hanya satu atau dua minuman sehari dapat berdampak negatif pada otak Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Nature, minum alkohol dalam jumlah sedang ternyata dapat mengecilkan materi putih dan abu-abu, yang merupakan bagian otak yang bertanggung jawab untuk berbagai fungsi kognitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otak MINUMAN BERSODA alkohol
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top