Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anti Kanker hingga Sehatkan Otak, Ini 9 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Berikut adalah 9 manfaat bit bagi kesehatan yang berdasarkan bukti, dikutip dari Healthline
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 27 Juli 2022  |  15:04 WIB
Anti Kanker hingga Sehatkan Otak, Ini 9 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan
Buah Bit.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bit adalah jenis sayuran yang serbaguna dan memiliki khasiat untuk menyehatkan.

Mereka dikenal karena rasa dan aromanya yang kuat.

Bit sangat bergizi dan dikemas dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman penting, yang banyak di antaranya memiliki khasiat obat.

Berikut adalah 9 manfaat bit bagi kesehatan yang berdasarkan bukti, dikutip dari Healthline:

1. Banyak Nutrisi dan Sedikit Kalori

Bit memiliki profil nutrisi yang mengesankan karena rendah kalori namun tinggi vitamin dan mineral. Faktanya, bit mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Dalam porsi 100 gram mengandung 44 kalori, 1,7 gram protein, 0,2 gram lemak, 10 gram karbohidrat, 2 gram serat, 20% folat, 14% mangan, 8% tembaga, 7% kalsium, 6% magnesium, 4% vitamin C, 4% vitamin B6, dan 4% besi.

2. Dapat Membantu Menjaga Tekanan Darah Tetap Terkendali

Bit telah dipelajari dengan baik karena kemampuannya untuk menurunkan tingkat tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus bit dapat secara signifikan menurunkan tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik. Efek penurun tekanan darah ini kemungkinan disebabkan oleh konsentrasi nitrat yang tinggi dalam sayuran akar ini.

3. Dapat Meningkatkan Kinerja Atletik

Diet nitrat seperti yang ditemukan dalam bit dapat meningkatkan kinerja atletik. Jus bit dapat meningkatkan daya tahan dengan meningkatkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kelelahan, meningkatkan kinerja kardiorespirasi, dan meningkatkan efisiensi untuk atlet. Jus bit juga telah terbukti meningkatkan kinerja bersepeda dan meningkatkan penggunaan oksigen hingga 20%.

4. Dapat Membantu Melawan Peradangan

Bit mengandung pigmen yang disebut betalains, yang memiliki sejumlah sifat anti-inflamasi. Dapat bermanfaat bagi kesehatan karena peradangan kronis telah dikaitkan dengan kondisi seperti obesitas, penyakit jantung, penyakit hati, dan kanker. Mengonsumsi 250 ml jus bit selama 2 minggu mampu mengurangi beberapa penanda peradangan, termasuk protein C-reaktif (CRP) dan tumor necrosis factor-alpha (TNF-a).

5. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Satu cangkir bit mengandung 3,4 gram serat, menjadikan bit sebagai sumber serat yang baik. Serat melewati pencernaan dan berjalan ke usus besar, di mana ia memberi makan bakteri usus yang ramah dan menambah jumlah tinja. Ini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, membuat Anda tetap teratur buang air dan mencegah kondisi pencernaan seperti sembelit, penyakit radang usus, dan diverticulitis.

6. Dapat Mendukung Kesehatan Otak

Fungsi mental dan kognitif secara alami menurun seiring bertambahnya usia, yang dapat meningkatkan risiko gangguan neurodegeneratif seperti demensia. Nitrat dalam bit dapat meningkatkan fungsi otak dengan pelebaran pembuluh darah dan dengan demikian meningkatkan aliran darah ke otak. Khususnya, bit telah terbukti meningkatkan aliran darah ke lobus frontal otak.

7. Memiliki Beberapa Sifat Anti-Kanker

Bit mengandung beberapa senyawa dengan sifat melawan kanker, termasuk betaine, asam ferulic, rutin, kaempferol, dan asam caffeic. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, penelitian tabung menunjukkan bahwa ekstrak bit dapat memperlambat pembelahan dan pertumbuhan sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami hubungan potensial ini.

8. Dapat Membantu Menyeimbangkan Asupan Energi

Bit memiliki beberapa sifat nutrisi yang dapat menjadikannya sebagai tambahan yang bagus untuk diet seimbang. Pertama, bit rendah lemak dan kalorinya tetapi tinggi air, yang dapat membantu menyeimbangkan asupan energi Anda. Meningkatkan asupan makanan rendah kalori seperti sayuran akar ini juga dikaitkan dengan penurunan berat badan.

9. Lezat dan Mudah Dimasukkan Dalam Diet Anda

Bit tidak hanya bergizi tetapi juga sangat lezat dan mudah dimasukkan ke dalam makanan Anda. Anda bisa membuat jus, memanggang, mengukus, atau mengasinkannya. Anda dapat membelinya dalam keadaan matang dan kalengan. Anda bahkan dapat menikmatinya mentah, baik diiris tipis atau diparut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buah vitamin mineral
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top