Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sering Sakit Kepala? Coba Sembuhkan dengan Obat Rumahan Berikut Ini

Ini dia obat sakit kepala rumahan yang bisa jadi solusi untuk kaum mager ala healthline dan medicalnewstoday!
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 09 Agustus 2022  |  13:16 WIB
Sering Sakit Kepala? Coba Sembuhkan dengan Obat Rumahan Berikut Ini
Ilustrasi sakit kepala akibat gejala pendarahan otak
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sakit kepala sudah menjadi kondisi umum yang bisa diderita hampir semua orang. Meskipun dinilai sebagai penyakit sepele, namun kehadiran sakit ini justru dapat menganggu kegiatan sehari-hari.

Kondisi yang paling umum dari sakit kepala biasanya sakit kepala tegang, juga migrain yang termasuk dalam kategori sakit kepala sedang hingga berat.

Penanganan sakit kepala umumnya cukup meminum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di warung-warung terdekat. Namun, ada berbagai obat rumahan yang bisa jadi alternatif kala mager  keluar rumah.

Ini dia obat sakit kepala rumahan yang bisa jadi solusi untuk kaum mager ala healthline dan medicalnewstoday!

1. Air

Siapa sangka, air dapat menjadi solusi saat sakit kepala. Meminum air yang cukup dapat mengurasi keparahan sakit kepala, bahkan bisa juga mencegah sakit kepala. Karena, dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menjadi salah satu penyebab dasar sakit kepala ringan.

2. Kompres Dingin

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat Hawaii menemukan bahwa mengompreskan es ke leher selama setengah jam mampu mengurangi sakit kepala migrain secara signifikan.

Mengompres kepala atau leher dengan es batu dapat membantu menyempitkan pembuluh darah serta mengurangi peradangan. Termasuk meredakan sakit kepala sementara.

3. Kompres Hangat

Kompres hangat atau mandi air hangat bisa mengendurkan otot-otot yang mengencang yang menyebabkan sakit kepala. Caranya sederhana, cukup mencelupkan handuk pada air yang sudah dipanaskan, lalu kompres pada area sakit kepala.

4. Teh Jahe

Penelitian menunjukkan ramuan teh yang diseduh dengan air hangat lalu dicampur dengan bubuk jahe dapat membantu mengurangi migrain. Teh punyai peran menenangkan seperti peppermint, chamomile juga lavender. Sedangkan jahe memiliki efek yang mirip dengan obat umum untuk mengobati migrain.

5. Kafein

Meminum kopi ternyata bisa jadi alternatif untuk redakan sakit kepala. Karena kopi termasuk salah satu minuman yang mengandung kafein, selain teh dan soda. Kafein dapat mendukung dan meredakan ketegangan dengan cara mengendurkan pembuluh darah. Maka tak heran jika kandungan satu ini dapat membantu mengurangi sakit gejala sakit kepala tegang ataupun migrain, dengan sendirinya.

6. Minyak Esensial

Mengoleskan minyak esensial atau essensial oil pada pelipis dapat mengurangi rasa sakit kepala. Penelitian pada tahun 2018 menunjukkan, menghirup minyak esensial lavender selama 15 menit dapat mengurangi sakit kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sakit kepala obat herbal
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top