Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perbedaan Antara Osteoporosis dan Osteoarthritis, Jangan Sampai Salah

Osteoporosis adalah penyakit hilangnya jaringan tulang yang membuat tulang lebih lemah dan rentan patah. Osteoporosis terjadi pada area sendi.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 10 Agustus 2022  |  19:17 WIB
Perbedaan Antara Osteoporosis dan Osteoarthritis, Jangan Sampai Salah
Pengeroposan tulang (osteoporosis) - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernah mendengar osteoporosis dan osteoarthritis? Meskipun keduanya terdengar serupa dan sama-sama berkaitan dengan masalah tulang, tetapi keduanya berbeda.

Kata pertama keduanya memiliki arti yang sama, yaitu tulang, namun kata kedualah yang membuat keduanya berbeda, porosis artinya memiliki pori atau dalam tulang bisa diartikan keropos, sedangkan arthritis berarti radang sendi.

Supaya tidak membingungkan, berikut ini ulasan mengenai osteoporosis dan osteoarthritis menurut verywellhealth dan medicinenet!

Definisi Osteoporosis dan Osteoarthritis

Osteoporosis adalah penyakit hilangnya jaringan tulang yang membuat tulang lebih lemah dan rentan patah. Osteoporosis terjadi pada area sendi. Sedangkan osteoarthritis adalah salah satu radang sendi yang diakibatkan oleh cedera ataupun penggunaan sendi terlalu berat.

Penyakit osteoarthritis rentan terjadi pada orang yang sering berolahraga ataupun orang yang memiliki pekerjaan fisik berat, kelebihan berat badan juga dapat membuat penyakit ini kian parah. Umumnya, osteoarthritis mempengaruhi panggul, lutut, sendi kecil tangan, punggung bawah, juga leher.

Gejala Osteoporosis dan Osteoarthritis

Gejala awal osteoporosis tidak menyebabkan sakit sehingga jarang diketahui karena tidak terasa secara langsung. Namun jika tidak diobati dan dibiarkan akan menyebabkan patah tulang hingga menyebabkan kesulitan berjalan, mengubah postur tubuh, serta membuat orang terlihat lebih pendek.

Gejala paling umum dari osteoarthritis terjadi ketika tulang rawan yang menjadi bantalan tulang pada sendi hilang, sehingga tulang-tulang saling bergesekan saat bergerak. Gejala yang timbul adalah fleksibilitas sendi yang berkurang, peradangan sendi, kaku pada persendian, serta osteofit.

Penyebab Osteoporosis dan Osteoarthritis

Kekurangan kalsium adalah faktor utama yang menyebabkan munculnya penyakit ini. Faktor lain seperti kekurangan vitamin D serta perubahan hormonal, kurang beraktivitas fisik, penggunaan alcohol berat, menopause dini, kekurangan berat badan yang parah, juga punyai riwayat keluarga yang menderita osteoporosis.

Faktor yang menyebabkan osteoarthritis adalah menggunakan sendi secara berlebihan, obesitas, otot yang lemah, punyai masalah musculoskeletal, serta umur yang semakin menua. Punyai keluarga dengan Riwayat penyakit ini juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya osteoarthritis.

Selain itu, osteoarthritis juga rentan diderita perempuan. Karena pada perempuan yang sudah menopause, akan terjadi berkurangnya hormon estrogen dan progesteron yang awalnya seimbang, sehingga menyebabkan gangguan pada persendian.

Nyeri yang Disebabkan Osteoporosis dan Osteoarthritis

Kedua penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, meskipun pada diagnosis awal, osteoporosis tidak menimbulkan nyeri, tetapi pada kondisi yang lebih parah seperti patah tulang, bisa menimbulkan rasa sakit, sementara maupun kronis. Sebaliknya, pada osteoarthritis, nyeri adalah gejala yang paling awal penyakit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

osteoporosis nyeri sendi tulang
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top