Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bahayanya Berlebihan Konsumsi Suplemen, Wajib Tahu Nih

Ini dia sederet kondisi yang menandakan tubuh terlalu banyak mengonsumsi suplemen kesehatan.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 12 Agustus 2022  |  21:03 WIB
Bahayanya Berlebihan Konsumsi Suplemen, Wajib Tahu Nih
Ilustrasi suplemen
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mengonsumsi suplemen memang baik untuk tubuh.

Tapi, berlebihan konsumsi suplemen juga tidak baik untuk tubuh Anda.

Seorang pakar nutrisi, studi makanan, dan Kesehatan masyarakat di Universitas New York menyebutkan bahwa tidak disarankana mengonsumsi vitamin dan mineral dengan dosis tinggi, kecuali memang dibutuhkan.

Menurutnya, mengonsumsi suplemen tersebut hanya sedikit yang telah terbukti bermanfaat dan ditakutkan justru dapat membahayakan.

Ini dia sederet kondisi yang menandakan tubuh terlalu banyak mengonsumsi suplemen menurut eatthis.

1. Keracunan Vitamin D

Hipervitaminosis D atau keracunan vitamin D adalah kondisi saat terlalu banyak mengonsumsi vitamin D. Meskipun kondisi ini cukup langka, namun cukup serius pula. Seorang ahli Kesehatan bernama Katherine Zeratsky menyebutkan, keracunan vitamin D yang disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi suplemen dan bukan karena sinar matahari dapat menimbulkan penumpukan kalsium dalam darah.

Ketika kalsium dalam darah menumpuk, akan timbul mual, muntah, kelelahan, dan intensitas buang air kecil menjadi lebih tinggi. Bahkan dapat berkembang menjadi kondisi serius seperti pembentukan batu kalsium dalam ginjal.

2. Kelebihan Zinc Sebabkan Masalah Neurologis

Seorang Ahli Kesehatan Barbara Broggelwirt menyebutkan, masalah neurologis termasuk mati rasa dan melemahnya kaki dan lengan dapat disebabkan oleh kelebihan zinc yang menyebabkan defisit tembaga. Karena sebenarnya zinc adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil.

3. Kelebihan Vitamin C Picu Masalah Pencernaan

Kathrine Zeratsky menyebutkan, kelebihan vitamin C dari suplemen tidak berdampak baik pada tubuh manusia. Sebaliknya, kelebihan vitamin C dapat picu masalah pencernaan seperti diare, mual, muntah, sakit kepala dan kram perut.

4. Kelebihan Beta karoten Bisa Sebabkan Kematian

Seorang ahli Kesehatan asal Amerika Serikat, Dr.Donald Hensrud menyebutkan, kelebihan beta karoten atau senyawa yang diubah menjadi vitamin A oleh tubuh jika didapatkan dari mengonsumsi suplemen dapat sebabkan kematian. Hal ini bertambah risikonya pada perokok ataupun mantan perokok.

5. Kelebihan Vitamin B-3 Dapat Sebabkan Kerusakan Hati

Dr. Donald Hensrud mengatakan, mengonsumsi vitamin B-3 atau niasin dalam dosis tinggi memang dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, namun harus dalam pengawasan dokter. Efek samping dari mengonsumsi niasin terlalu banyak justru dapat sebabkan kerusakan hati dan memicu timbulnya penyakit hati yang parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suplemen kesehatan keracunan vitamin d vitamin c
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top