Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Doa Keluar Rumah dan Keutamaannya yang Perlu Dipahami

Doa keluar rumah menjadi bentuk upaya kita untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT. Adapun lafadz doa saat keluar rumah dan artinya, seperti berikut.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 14 Agustus 2022  |  11:19 WIB
Doa Keluar Rumah dan Keutamaannya yang Perlu Dipahami
Doa Keluar Rumah dan Islam dan Keutamaannya yang Perlu Dipahami (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu hal yang perlu dilakukan saat keluar rumah yaitu membaca doa keluar rumah. Dalam Islam, doa saat keluar rumah memiliki banyak keutamaan. Dengan berdoa, berarti kita sedang meminta perlindungan dari Allah SWT.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang makna doa, lafadz doa keluar rumah, dan keutamaannya. Simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Memahami Makna Doa

Sebelum mengulas tentang oda keluar rumah dan artinya, tak ada salahnya jika mengenal terlebih dahulu makna doa dalam Islam. Menurut keterangan di repository.radenintan.ac.id, doa adalah segala bentuk amal yang diperintahkan Allah baik bersifat wajib maupun sunnah. Dengan demikian, doa bisa dimaknai sebagai sebuah ibadah.

Selain itu, doa juga berarti permohonan hamba kepada Tuhannya dengan cara meminta secara langsung untuk mendapatkan karunia-Nya dan menjauhkan diri dari bencana yang tidak diinginkan. Dalam Islam, berdoa termasuk ibadah kepada Allah SWT karena memiliki nilai pahala.

Doa Keluar Rumah Latin dan Artinya

Agama Islam telah mengatur berbagai hal tak terkecuali panduan doa sehari-hari. Salah satu jenis doa yang penting untuk dilantunkan yaitu doa keluar rumah. Menurut penjelasan di buku Kumpulan Do’a Sehari-hari, lafadz doa keluar rumah dan artinya, seperti berikut.

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Bismillahi, tawakkaltu ’ala allah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Keutamaan Membaca Doa Keluar Rumah

Islam menganjurkan kepada pemeluknya untuk selalu berdoa di segala situasi. Hal tersebut dikarenakan dalam doa ada banyak kebaikan yang akan didapatkan.

Doa keluar rumah misalnya, walaupun terlihat sederhana namun ternyata memiliki banyak keutamaan. Sebuah hadits menyebutkan beberapa keutamaan berdoa saat keluar rumah. Adapun bunyi hadist tersebut, sebagai berikut:

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ: “بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ” قَالَ: « يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ. فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِىَ وَكُفِىَ وَوُقِىَ

“Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca (zikir): Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya), maka malaikat akan berkata kepadanya: “(sungguh) kamu telah diberi petunjuk (oleh Allah Ta’ala), dicukupkan (dalam segala keperluanmu) dan dijaga (dari semua keburukan)”, sehingga setan-setan pun tidak bisa mendekatinya, dan setan yang lain berkata kepada temannya: Bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga (oleh Allah Ta’ala)”.

Menurut penjelasan di muslim.or.id, hadits tersebut menerangkan sejumlah keutamaan berdzikir saat keluar rumah. Berikut dua keutamaan membaca doa keluar rumah.

  1. Seseorang yang mengucapkan zikir atau doa saat keluar rumah berarti sedang berserah diri kepada Allah SWT. Bertawakal menjadi sifat terpuji yang dapat bernilai ibadah. Sebagainya tertuang dalam QS. Ath-Thalaq ayat 3, yang artinya:

Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya” (QS ath-Thalaq: 3).

  1. Saat seseorang berdoa sebelum keluar rumah, maka setan tidak akan mengganggunya. Sebagaimana dijelaskan dalam QS. An-Nahl ayat 99-100, artinya:

Sesungguhnya syaitan itu tidak memiliki kekuasaan (untuk mencelakakan) orang-orang yang beriman dan bertawakkal (berserah diri) kepada Rabbnya. Sesungguhnya kekuasaan syaitan hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah” (QS an-Nahl: 99-100).

Itulah penjelasan seputar doa keluar rumah dan keutamaannya yang perlu dipahami dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa rumah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top