Baju adat bangka belitung
Fashion

Mengenal Baju Adat Bangka Belitung yang Dipakai Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2022

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 16 Agustus 2022 - 09:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Jokowi menghadiri sidang tahunan MPR RI Selasa (16/8/2022) dengan mengenakan pakaian adat Bangka Belitung bernuansa hijau.

Jokowi memadukan penampilannya dengan masker berwarna coklat. Sedangkan Iriana Jokowi mengenakan kebaya berwarna pink ata merah muda.

Melansir dari pangkalpinang.go.id, pakaian adat Bangka Belitung adalah jenis baju adat khas daerah Bangka Belitung yang memiliki perpaduan kebudayaan Arab dan juga Tionghoa.

Pada mulanya, saudagar Arab yang berdagang di kawasan Bangka Belitung menikah dengan perempuan tionghoa dan mengenalkan pakaian adat untuk pernikahan yang bercorak arab dan juga tionghoa. Karena pakaian tersebut terlihat indah dan juga menarik, masyarakat adat setempat mulai mengenakan pakaian yang sama seterusnya, hanya saja dipadukan dengan corak kebudayaan Bangka Belitung setempat.

Pakaian adat Bangka Belitung adalah jenis pakaian yang umumnya dipakai pada acara pernikahan. Pakaian ini merupakan wujud beberapa akulturasi dari kebudayaan arab, tionghoa, dan melayu . Nama pakaian adat bangka belitung ini akrab disebut Baju Seting dan juga Kain Cual.

Baju seting merupakan pakaian adat yang digunakan khusus oleh wanita. Baju seting adalah baju kurung bangka belitung yang berwarna merah dan terbuat dari kain beludru atau kain sutra. Dalam penggunaannya, biasanya baju kurung ini di padupadankan dengan bawahan berupa kain cual.

Kain Cual Bangka belitung atau lebih dikenal dengan Limar Muntok merupakan jenis kain asli Bangka Belitung yang dibuat dengan metode tradisional tenun ikat.

Motif dari Kain Cual sendiri ada dua macam yaitu motif corak penuh yang biasa disebut Motif Penganten Bekecak dan motif ruang kosong yang biasa disebut Motif Jande Bekecak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro