Peserta mengikuti lomba panjat pinang kolosal dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, /Reuters-Beawiharta
Entertainment

Lomba Panjat Pinang di Kalimalang Butuh Sponsor Dana

Widya Islamiati
Rabu, 17 Agustus 2022 - 21:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diantara sederet perayaan peringatan kemerdekaan Indonesia, yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, ada perlombaan-perlombaan yang dinantikan banyak orang untuk memeriahkan hari jadi bangsa Indonesia ini.

Berbagai perlombaan tidak pernah absen dalam perayaan ini, mulai dari lomba balap karung, makan kerupuk, memasukan paku ke dalam botol, joget balon hingga yang paling dinantikan, lomba panjat pinang.

Di Jakarta Timur, panjat pinang sudah menjadi ikon perlombaan perayaan peringatan hari kemerdekaan Indonesia, tepatnya di tepi saluran Kalimalang di RW 004 Kelurahan Cipinang Melayu. Namun, tahun ini RW 004 Kelurahan Cipinang Melayu, Irwan Kurniadi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menyebutkan lomba ini ditiadakan karena beberapa alasan.

Salah satu alasannya dikarenakan masyarakat masih dalam pemulihan pascapandemi. Irwan menuturkan, selama ini operasional acara perayaan peringatan kemerdekaan Indonesia di Kalimalang adalah hasil swadaya masyarakat. Sehingga setelah pandemi ada keterbatasan anggaran untuk mengadakan lomba panjat pinang yang dianggap memakan banyak anggaran untuk hadiah lomba.

“Emang ini kan hasil swadaya masyarakat warga sini selama ini, jadi tahun-tahun ini setelah pandemi, berat untuk masyarakat, karena kan keuangan masyarakat selama pandemi ini menyusut, padahal kan tahun-tahun sebelum pandemi bisa” papar Irwan pada (17/8/2022).

Menurut Irwan, sebelumnya belum pernah ada sponsor dari luar wilayah RW 004, yang membiayai acara perayaan peringatan kemerdekaan Indonesia di Kalimalang.

“Selama ini modalnya dari warga, pengurus RW, pengurus RT patungan, saweran lah kita bahasanya, belum pernah ada sponsor dari luar untuk acara ini,” tambah Irwan.

Irwan menyebutkan, permasalahan anggaran ini menjadi penyebab utama ditiadakannya lomba panjat pinang yang sudah rutin diadakan dalam rangkaian acara perayaan peringatan kemerdekaan Indonesia di Kalimalang. Menurutnya, jika ada sponsor yang mau membiayai lomba ini, pihaknya siap menyelenggarakan.

“Sebenarnya jangankan tahun depan, tahun ini juga kalau dananya memungkinkan, akan kita adakan panjat pinang, karena kan ikonik banget dari Kalimalang, kalau ada sponsor kita pasti adakan, makannya harapan kami ada sponsor yang mau membiayai, tahun ini kan masih ada waktu dua mingguan lagi ataupun tahun depan,” lanjut Irwan saat ditanya apakah ada rencana mengadakan lomba panjat pinang pada perayaan peringatan kemerdekaan Indonesia di Kalimalang tahun 2-23 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro