Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Doa Sapu Jagat Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Doa sapu jagat merupakan doa untuk meminta keselamatan dunia dan akhirat. Doa ini bisa dibacakan kapan saja. Berikut informasi selengkapnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 19 Agustus 2022  |  21:46 WIB
Doa Sapu Jagat Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya
Doa Sapu Jagat Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya - freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkan Anda mendengar atau membaca doa sapu jagat? Pembahasan tentang doa sapu jagat sebenarnya sudah sering digaungkan oleh ulama Islam. Namun, hal tersebut tak menjamin seluruh umat Islam memahami makna dan keutamaan doa ini.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas sekilas tentang doa sapu jagat beserta artinya. Mari simak penjelasan di bawah ini untuk informasi lebih lengkap.

Bacaan Doa Sapu Jagat dan Artinya

Dalam Islam, segala aktivitas ada doanya. Maka dari itu, wajar jika akhirnya banyak bacaan doa yang dibacakan dengan tujuan berbeda-beda.

Salah satu doa yang ada dalam ajaran Islam yaitu doa sapu jagat. Doa ini berisi permohonan dari seorang hamba kepada Allah SWT agar senantiasa dilindungi dan diselamatkan dari siksa api neraka.

Adapun bacaan doa sapu jagat dan artinya, seperti berikut.

 

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbana atina fid-dunya ḥasanataw wa fil-akhirati ḥasanataw waqina ‘ażaban-nar”

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka”

Keutamaan Doa Sapu Jagat

Setiap doa memiliki keutamaannya masing-masing. Menurut keterangan di umma.id, berikut keutamaan dari doa sapu jagat yang perlu dipahami.

1. Meminta kebaikan di dunia

Dalam menjalani hidup di dunia, sebagai manusia seringkali mendapatkan ujian. Menyadari hal tersebut, maka kita perlu berdoa dan meminta kebaikan kepada Allah.

Salah satu caranya yaitu dengan membaca doa sapu jagat dan artinya. Beberapa kebaikan dunia antara lain; kesehatan fisik dan psikis, mendapat rezeki yang halal, memiliki ilmu bermanfaat, dan lain sebagainya.

2. Meminta kebaikan di akhirat

Apalah artinya bahagia di dunia jika di akhirat menderita. Salah satu keutamaan dari doa sapu jagat yaitu menjadi media bagi manusia untuk meminta kebaikan akhirat.

Beberapa kebaikan akhirat, antara lain; selamat dari siksa neraka, meminta dimudahkan untuk melewati jembatan ash-shirot, mendapat syafaat dari Rasulullah, dan lain sebagainya.

Kapan Waktu yang Tepat Membaca Doa Sapu Jagat?

Sebenarnya, doa sapu jagat bisa dibaca kapan saja. Namun, ada beberapa doa yang diketahui mustajab untuk membaca doa. Berikut beberapa waktu yang bisa dipilih untuk membaca doa.

1. Setelah salat wajib

Dalam satu hari satu malam, kita diwajibkan untuk mendirikan salat sebanyak lima kali. Selepas sholat tersebut kita dianjurkan untuk membaca doa. Salah satu doa yang bisa dibaca yaitu doa sapu jagat.

Selepas salat disebut sebagai waktu yang tepat untuk berdoa. Maka dari itu, ketika berdoa selepas salat, harapannya doa tersebut akan lebih mudah dikabulkan.

2. Di sepertiga malam

Selain setelah menunaikan ibadah salat wajib, doa sapu jagat juga bisa dilantunkan di sepertiga malam. Di malam yang hening, membaca doa sapu jagat akan lebih khusuk dan tulus.

Tak hanya itu, sepertiga malam juga disebut sebagai waktu mustajab untuk berdoa. Dengan demikian, harapannya doa yang dilantunkan bisa terkabul.

3. Sebelum salam saat salat

Doa sapu jagat juga bisa dibacakan setelah tahiyat akhir dan sebelum salam saat salat. Maka dari itu, mulai saat ini jangan lupa untuk menyisipkan doa sapu jagat sebelum salam.

Itulah penjelasan seputar doa sapu jagat beserta artinya dan keutamaan yang ada di dalamnya. Dengan memahami makna doa tersebut, harapannya kita bisa menjalankan ibadah dengan semaksimal mungkin dan penuh keikhlasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa islam Doa Selamat keselamatan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top