Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bacaan Surat Al Isra Ayat 23-24 Lengkap dengan Kandungannya

Dalam Al-quran surat Al Isra ayat 23 dan 24 mengajarkan kita untuk taat kepada Allah dan patuh kepada kedua orang tua.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 22 Agustus 2022  |  19:13 WIB
Bacaan Surat Al Isra Ayat 23-24 Lengkap dengan Kandungannya
Bacaan Surat Al Isra Ayat 23 dan 24 Lengkap dengan Kandungannya / pixabay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Surat Al Isra terdapat 111 ayat. Diantara banyaknya ayat terdapat, terdapat ayat mengajarkan tentang kepatuhan dan menghormati kedua orang tua. Perintah tersebut diterangkan dalam surat Al Isra ayat 23 dan 24.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar kedua ayat dalam surat Al Isra ini. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bacaan Surat Al Isra Ayat 23 – 24 dan Artinya

Islam sangat menghormati peran dan keberadaan orang tua. Kepatuhan kepada orang tua telah diterangkan dalam Al-quran maupun hadis nabi.

Diantara banyaknya ayat Al-quran, yang menerangkan kepatuhan dan rasa hormat kepada orang tua tertuang dalam surat Al Isra ayat 23 dan 24. Mengutip dari penerbitjabal.com, berikut ini bacaan surat Al Isra ayat 23-23 latin dan artinya.

 

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

waqadaa rabbuka laa ta’buduu illaa iyyaahu wabilwaalidayni ihsaanan immaa yablughanna ‘indaka lkibara ahaduhumaa aw kilaahumaa falaa taqul lahumaa uffin walaa tanharhumaa waqul lahumaa qawlan kariimaa.

Artinya : “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kau jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya hingga berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau menyampaikan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” (QS. al-Isra’ : 23).


وَٱخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ ٱلذُّلِّ مِنَ ٱلرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرًا

wakhfidh lahumaa janaaha dzdzulli mina rrahmati waqul rabbi irhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.

Artinya : “Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah,”Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik saya pada waktu kecil.” (QS. al-Isra’ : 24).

Kandungan Surat Al Isra ayat 23 dan 24

Secara garis besar, surat Al Isra ayat 23 dan 24 menerangkan tentang pendidikan karakter terutama yang berkaitan dengan kepatuhan dan hormat kepada orang tua. Bentuk kepatuhan kepada orang sangat beragam, mulai dari bersikap sopan, menghormati pendapat orang tua, dan lain sebagainya.

Bahkan, sebagai seoran anak pun kita dilarang untuk mengucapkan kata-kata buruk. Karena hal tersebut bisa menyakiti perasaan orang tua. Meskipun demikian, kepatuhan kepada orang tua tidak boleh melebihi ketaatan kita kepada Allah dan Rasulullah.

Dalam tafsir al-misbah juga disebutkan bahwa ayat di atas menjadi tuntunan kepada anak, supaya berbakti kepada orang tua secara bertahap. Artinya, bentuk bakti kepada orang tua bisa dilakukan lewat hal-hal sederhana, seperti tidak mengucapkan kata “ah” kepada orang tua.

Selain memerintahkan anak untuk patuh kepada orang tuanya, kandungan surat Al Isra ayat 23 dan 24 juga menyampaikan bahwa kedudukan umat Islam sangat tinggi dibandingkan dengan kaum yang mempersekutukan Allah.

Hal tersebut sepatutnya disyukuri dan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan keimanan kepada Allah. Dengan beriman dan bertakwa, harapannya Allah meridhoi setiap langkah kita dan mempermudah segala urusan yang ingin kita lakukan.

Demikian penjelasan seputar Al-quran surat Al Isra ayat 23 dan 24. Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa seorang anak sepatutnya berbakti dan menghormati orang tua. Selain itu, ayat tersebut juga menyerukan kepada kita supaya hanya menyembah Allah SWT karena kedudukan orang yang beriman kepada Allah sangatlah tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa islam al quran Surat Al-Isra
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top