Doa Menghilangkan Jerawat yang Penting untuk Diketahui - freepik
Relationship

Doa Menghilangkan Jerawat yang Penting untuk Diketahui

Nuraini
Jumat, 19 Agustus 2022 - 21:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda, bahwa ternyata ada doa menghilangkan jerawat dalam Islam. Doa ini cukup singkat sehingga mudah dihafalkan.

Jerawat merupakan masalah kulit yang bisa menimpa siapa saja. Kondisi  wajah yang berjerawat bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Untuk mempercepat penyembuhan jerawat, berikut doa menghilangkan jerawat menurut Islam dan tips mengatasi jerawat yang ampuh.

Doa untuk Menghilangkan Jerawat

Bagi umat Islam, berdoa untuk meminta kesembuhan merupakan sebuah kewajiban. Hal tersebut dikarenakan tidak ada kesembuhan atas sebuah penyakit melainkan atas izin Allah SWT.

Meminta kesembuhan tak hanya untuk penyakit kronis saja. Penyakit yang relatif ringan seperti jerawat pun ada doanya.  Mengutip dari jabar.nu.or.id, berikut bacaan doa menghilangkan jerawat lengkap dengan artinya.

 

اللَّهُمَّ مُصَغِّرَ الْكَبِيرِ ، وَمُكَبِّرَ الصَّغِيرِ صَغِّرْ مَا بِي

Allâhumma mushagghiral kabîr wa mukabbiras shaghîr, shagghir mâ bî.

Artinya, “Wahai Tuhan yang (kuasa) mengecilkan sesuatu yang besar, dan (sanggup) membesarkan yang kecil, kecilkanlah penyakit yang ada padaku.”

Tips Menghilangkan Jerawat

Selain meminta kesembuhan kepada Allah. Anda juga tetap harus berikhtiar untuk menyembuhkan jerawat dengan segala cara.

Secara alami, terdapat beberapa cara untuk menghilangkan jerawat. Melansir dari halodoc.com, berikut beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan jerawat dengan mudah.

1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung polifenol yang berperan penting untuk menghilangkan jerawat. Cara menggunakan bahan alami ini mudah, cukup oleskan gel lidah buaya. Kemudian diamkan setengah jam dan bilas dengan air bersih.

2. Putih telur

Bahan alami lainnya yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat yaitu putih telur. Bahan alami ini mengandung enzim lysozyme yang dipercaya mampu menghilangkan jerawat dengan mudah.

Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu memisahkan putih telur dengan kuning telur. Setelah itu, aplikasikan putih telur ke wajah seperti menggunakan masker. Diamkan 15 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Bawang putih

Cara menghilangkan jerawat lainnya yaitu menggunakan bawang putih. Bahan alami ini mengandung zat sulfur yang berguna untuk menghilangkan jerawat.

Anda bisa memotong bawang putih tipis-tipis, kemudian tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

4. Mentimun

Sayur mentimun sudah sering digunakan sebagai masker alami karena mengandung antioksidan, vitamin, dan asam amino yang tinggi. kandungan tersebut bisa menghilangkan jerawat. Anda bisa mengaplikasikan masker mentimun selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Air lemon

Selain dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh, air lemon juga dipercaya bisa menghilangkan jerawat. Cara aplikasinya mudah, cukup oleskan air perasan lemon ke wajah. Kemudian diamkan 15 menit dan bilas dengan air.

6. Cuka apel

Cuka apel memiliki kandungan antiseptik alami yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Cukup oleskan cuka apel ke wajah dengan kapas, kemudian diamkan lima menit dan bilas menggunakan air bersih.

7. Madu

Madu biasanya ditambahkan dalam makanan maupun minuman. Namun ternyata, madu juga bisa dimanfaatkan sebagai masker jerawat.

Caranya dengan mengoleskan madu pada wajah. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

8. Tomat

Bahan alami lainnya yang digunakan sebagai obat jerawat yaitu tomat. Bahan alami mengandung vitamin A dan C. Cara aplikasinya mudah, yaitu dengan memotong tomat dan tempelkan pada wajah. Diamkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air bersih.

Itulah penjelasan singkat seputar doa menghilangkan jerawat lengkap dengan tips mengatasi gangguan kulit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro