Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kumpulan Doa Nabi Daud Lengkap Beserta Amalannya

Nabi Daud merupakan sosok nabi dan rasul Allah yang rajin berdoa dan melakukan ibadah. Berikut kumpulan doa Nabi Daud yang perlu diamalkan.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 24 Agustus 2022  |  05:00 WIB
Kumpulan Doa Nabi Daud Lengkap Beserta Amalannya
Kumpulan Doa Nabi Daud yang Perlu Diamalkan (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nabi Daud merupakan salah satu nabi dan rasul dalam agama Islam. Sebagai seorang nabi dan rasul, Nabi Daud alaihissalam. menjadi panutan bagi umat Islam.

Bahkan, ada beberapa doa Nabi Daud yang hingga kini masih diamalkan oleh umat muslim dan muslimah di seluruh dunia.

Apa saja doa dari Nabi Daud yang perlu diketahui dan diamalkan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Rangkuman Doa Nabi Daud

Nabi Daud adalah seorang nabi Allah yang diberi tugas untuk menyampaikan wahyu Allah kepada Bani Israil. Sama halnya nabi lainnya, Nabi Daud juga mendapatkan mukjizat dari Allah.

Beberapa mukjizat yang dimiliki Nabi Daud yaitu memiliki suara merdu, bisa melenturkan besi, dan bisa membuat gunung bersujud. Mengutip dari umma.id, berikut ini beberapa doa Nabi Daud dan artinya yang perlu diketahui.

Doa Nabi Daud Meluluhkan Hati Seseorang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa, Nabi Daud memiliki kemampuan untuk melunakan besi keras. Hikmah dari mukjizat tersebut yaitu harapannya kita juga bisa melunakan hati seseorang yang sekeras besi.

Adapun bacaan doa Nabi Daud meluluhkan hati seseorang, seperti berikut.

“Allahumma layyin li qalbahu, laiyyinta li daawudal hadiid”.

Artinya: “Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Engkau melembutkan Daud (akan) besi”. 

Doa Nabi Daud untuk Cepat Menemukan Jodoh

Selain doa untuk meluluhkan hati seseorang, ada juga doa Nabi Daud yang bisa dibacakan dengan tujuan untuk mendapatkan jodoh dalam waktu cepat. Berikut bacaan doa tersebut.

“Allahumma inni as-aluka hubbaka wa Hubba man yuhibbuka, wa ‘amalalladzii yuballighunii hubbaka. Allahummaj’al hubbaka ahabba ilayya min nafsii wa ahlii wa minal maa’il baarid”.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu cinta-Mu, dan cinta orang-orang yang mencintai-Mu, dan aku memohon kepada-Mu, perbuatan yang dapat mengantarkan aku kepada cinta-Mu. Ya Allah, jadikanlah cinta-Mu lebih aku cintai daripada diriku, keluargaku, serta air dingin”.

Doa Nabi Daud untuk Mendapatkan Suara Merdu

Apakah Anda ingin memiliki suara merdu? Selain rutin berlatih, ada juga doa yang bisa dibacakan jika ingin memiliki suara yang indah. Berikut doa Nabi Daud untuk mendapatkan suara merdu.

“Allaahumma inni as-aluka shautan khofiifan hasanan qawiyyan ka shauti nabiyyina daawuda ‘alaihi salaam”.

Arti dari doa ini yaitu  “Ya Allah, sesungguhnya aku minta kepada-Mu suara yang ringan, bagus, dan kuat seperti suara Nabi Daud ‘alaihissalam”.

Amalan Nabi Daud

Selain rajin berdoa, Nabi Daud juga rajin melakukan ibadah-ibadah lain yang bernilai pahala. Ibadah tersebut bisa kita amalkan sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT. Berikut ini dua amalan yang biasa dilakukan Nabi Daud, selain berdoa.

1. Puasa Shaum ad-Dahr

Nabi Daud terkenal dengan ketekunannya dalam menjalankan ibadah puasa. Hingga akhirnya, kini kita mengenal istilah puasa Nabi Daud.

Ibadah puasa yang dijalankan Nabi Daud merupakan puasa selang seling, yaitu sehari berpuasa dan sehari tidak. Puasa ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

2. Bertasbih dan Meminta Cinta Allah

Selain berdoa dan berpuasa, Nabi Daud juga senantiasa bertasbih dan memohon cinta Allah hingga akhir hayatnya. Nabi Daud memohon cinta dari Allah lewat sebuah doa. Berikut doa Nabi Daud saat meminta cintanya Allah SWT.

“Allahumma inni as-aluka hubbaka wa hubba man yuhibuka wal amalalladzi yuballighuni hubbaka, allahumma ‘al hubbaka ahabba ilayya min nafsi wa ahli wa minal ma’il barid”.

Itulah doa nabi daud yang bisa anda amalkan untuk meluluhkan hati seseorang, dan juga beribadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa Nabi islam jodoh
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top