Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Penyebab Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur, Salah Satunya Karena Makeup

Penyebab wajah bengkak saat bangun tidur cukup beragam, bisa jadi karena masalah kesehatan ataupun disebabkan pola makan. Berikut penyebab lainnya.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 26 Agustus 2022  |  15:09 WIB
Ini Penyebab Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur, Salah Satunya Karena Makeup
Ilustrasi wanita tidur nyenyak - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap kali bangun pagi, pasti merasakan wajah tak tampak seperti biasanya. Hal ini cukup menjengkelkan apalagi jika berlangsung cukup lama, bahkan seharian penuh. Tapi tahukah apa yang menyebabkan wajah bengkak saat bangun tidur?

Berikut penjelasannya menurut medicalnewstoday!

Penyebab wajah bengkak saat bangun tidur cukup beragam, bisa jadi karena masalah kesehatan ataupun disebabkan pola makan. Berikut penyebab lainnya.

1. Tidur

Bisa jadi bengkak pada wajah saat bangun tidur adalah efek yang ditimbulkan akibat seseorang terlalu sedikit atau bahkan terlalu banyak tidur. Hal ini karena bengkak berasal dari resistensi cairan yang normal.

Posisi tidur juga ikut andil dalam menjadi sebab bengkak pada wajah saat bangun tidur. Seseorang dengan posisi tidur berbaring menyebabkan cairan berkumpul di wajah. Saat dia bangun dan berdiri, cairan di wajah itu bisa jadi akan hilang.

2. Riasan

Banyak wanita yang malas membersihkan wajahnya saat akan tidur, padahal hal ini berbahaya bagi kesehatan kulit. Sisa-sia riasan di wajah akan menyebabkan reaksi kulit yang disebut dermatitis kontak. Gejala dermatitis kontak meliputi kemerahan, iritasi, juga bengkak di wajah dan mata.

Umumnya, hal ini tidak menyebabkan kondisi yang serius, namun dalam gejala parah, dapat terjadi bengkak mata juga kesulitan membuka mata yang memerlukan pertolongan medis.

3. Makanan

Mengonsumsi makanan tertentu pada malam hari kadang bisa jadi salah satu penyebab bengkaknya wajah pada pagi hari. Makanan mengandung natrium tinggi misalnya, kandungan natrium dapat menyebabkan tubuh menahan air, sehingga orang akan cepat haus dan banyak minum.

Namun, sayangnya tubuh tidak mengeluarkan urin lebih banyak. Sisa cairan ini kemudian berkumpul di banyak tempat, termasuk wajah dan menimbulkan efek bengkak. Selain makanan dengan kandungan natrium tinggi beberapa makanan berikut juga perlu dihindari dikonsumsi pada malam hari:

●     Makanan cepat saji, seperti burger, kentang goreng

●     Oalahan daging seperti pepperoni

●     Sushi

●     Keripik

Alkohol

Orang yang berpesta alkohol pada malam hari umumnya bengkak pada wajah saat bangun di pagi hari. Karena alkohol dapat menimbulkan dehidrasi ringan yang disebabkan oleh banyaknya intensitas buang air kecil. Tubuh kemudian menanggapinya dengan menahan berbagai cairan di tempat yang bisa, termasuk wajah.

4. Menstruasi

Datang bulan dapat menyebabkan retensi cairan, bahkan gejala bangun tidur bengkak ini juga bagian dari sindrom pramenstruasi atau PMS.

5. Alergi

Wajah bengkak juga dapat disebabkan oleh udara yang dihirup pada malam hari yang mengandung bulu, serbuk sari ataupun debu. Seseorang mungkin tidak akan menyadari apa yang dihirupnya, baru pada pagi hari menyadari wajahnya bengkak.

Gejala lain yang menimbulkan bengkak karena permasalahan alergi adalah hidung tersumbat, pilek bersin, mata gatal ataupun berair.

6. Infeksi sinus

Penyebab wajah bengkak pada pagi hari salah satunya adalah kemungkinan tanda dari infeksi sinus. Hal ini biasanya akan menimbulkan gejala lain seperti rasa neyri opada wajah, tetesan postnasal, sakit kepala bagian depan, sakit gigi, demma sert ahidung tersumbat.

7. Hipotiroidisme

Penyakit ini melibatkan kelenjar tiroid yang tidak menghasilkan cukup hormon. Selain bengkak gejala yang muncul karena penyakit ini adalah penambahan berat badan, kelelahan, toleransi dingin yang buruk, kulit kering serta penipisan rambut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wajah perawatan wajah industri masker wajah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top