Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daftar 25 Nama-Nama Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui

Nama-nama Nabi dan Rasul dalam Islam yang wajib diketahui ada 25. Berikut daftarnya lengkap dengan sifat-sifatnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 29 Agustus 2022  |  15:39 WIB
Daftar 25 Nama-Nama Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui
25 Nama/Nama Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam agama Islam terdapat beberapa nama-nama Nabi dan Rasul yang wajib diketahui. Nabi dan Rasul diutus Allah untuk mengajarkan kebaikan kepada manusia di muka bumi.

Lantas, apa yang dimaksud dengan Nabi dan Rasul? Serta, siapa nama Nabi dan Rasul yang wajib untuk diketahui? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Nabi dan Rasul

Menurut penjelasan di Umma.id, Nabi berasal dari kata Naba yang artinya dari tempat yang tinggi. Secara makna, Nabi berarti orang yang derajatnya ditinggikan oleh Allah SWT.

Nabi merupakan laki-laki penerima wahyu Allah untuk dirinya sendiri. Nabi tidak memiliki kewajiban menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya.

Sedangkan Rasul diambil dari kata Raisala yang artinya penyampaian. Sehingga, Rasul adalah laki-laki penerima wahyu Allah untuk dirinya sendiri dan wajib menyampaikan kepada umatnya.

25 Nama Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui

Menurut sebuah hadis yang di riwayat At-Turmuzy, jumlah Nabi sebenarnya ada 124 ribu dan Nabi yang diangkat sebagai Rasul sebanyak 312 orang. Akan tetapi, Nabi dan Rasul yang wajib diketahui dan diterangkan dalam Al-Quran hanya 25 orang. Berikut daftarnya.

  1. Adam
  2. Idris
  3. Nuh
  4. Hud
  5. Saleh
  6. Ibrahim
  7. Luth
  8. Ismail
  9. Ishaq
  10. Yakub
  11. Yusuf
  12. Ayub
  13. Syuaib
  14. Musa
  15. Harun
  16. Yulkifli
  17. Daud
  18. Sulaiman
  19. Ilyas
  20. Ilyasa
  21. Yunus
  22. Zakaria
  23. Yahya
  24. Isa
  25. Muhammad

Nama-Nama Nabi dan Rasul yang Mendapatkan Gelar Ulul Azmi

Ulul azmi berarti keagungan. Artinya, Nabi dan Rasul tersebut mempunyai kesabaran luar biasa dalam menyampaikan wahyu Allah. Setidaknya ada lima nama Nabi dan Rasul yang mendapatkan gelar ulul azmi.

  1. Nabi Nuh
  2. Nabi Ibrahim
  3. Nabi Musa
  4. Nabi Isa
  5. Nabi Muhammad

Nama-Nama Nabi dan Rasul yang Menerima Kitab Suci

Perlu diketahui bahwa tidak semua Nabi dan Rasul menerima kitab suci. Hanya ada empat Nabi dan Rasul yang mendapatkan kitab suci. Adapun nama nama Nabi dan Rasul yang mendapatkan kitab suci, antara lain;

  1. Nabi Musa: kitab suci Taurat.
  2. Nabi Daud: kitab suci Zabur.
  3. Nabi Isa: kitab suci Injil.
  4. Nabi Muhammad: kitab suci Al-Quran.

Sifat Para Nabi dan Rasul Allah

Nabi dan Rasul Allah memiliki beberapa sifat wajib yang membuat utusan Allah ini istimewa. Adapun sifat-sifat yang dimiliki Nabi dan Rasul seperti berikut:

  1. Shiddiq atau jujur: setiap Nabi dan Rasul Allah pasti memiliki sifat jujur untuk menyampaikan kabar sesuai kenyataan. Sifat jujur tak hanya diterapkan dalam menyampaikan ajaran saja, namun dalam kehidupan sehari-hari pun Nabi dan Rasul selalu bersifat jujur.
  2. Amanah atau dapat dipercaya: tugas seorang Rasul yaitu untuk menyampaikan ajaran yang benar kepada umatnya, maka dari itu sifat amanah wajib untuk dimiliki urusan Allah.
  3. Tabligh atau menyampaikan: seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tugas Rasul yaitu menyampaikan wahyu Allah kepada umatnya. Dalam menyampaikan wahyu tersebut tidak boleh ada yang disembunyikan, seluruh ajaran harus diterangkan sejelas-jelasnya kepada umatnya.
  4. Fathonah atau cerdas: sifat Nabi dan Rasul yang terakhir yaitu cerdas. Dalam menyampaikan tugas, Rasul memiliki banyak tantangan dan hambatan, maka dari itu para Rasul harus memiliki sifat cerdas untuk memikirkan cara terbaik dalam menyampaikan wahyu Allah.

Itulah penjelasan seputar nama nama Nabi lengkap dengan sifat-sifat yang dimilikinya. Pemahaman tersebut wajib untuk diketahui umat Islam. Pasalnya, meyakini keberadaan Rasul Allah termasuk salah satu rukun iman dalam Islam. Dengan meyakini keberadaan Nabi dan Rasul, maka umat Islam semakin yakin dalam menjalankan ajaran agama Islam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Nabi nama islam al quran
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top