Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inspirasi 6 Cara Alami Basmi Ketombe yang Bikin Kurang Percaya Diri

Berikut ini cara mengatasi ketombe secara alami yang bisa Anda aplikasikan di rumah.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 29 Agustus 2022  |  18:31 WIB
Inspirasi 6 Cara Alami Basmi Ketombe yang Bikin Kurang Percaya Diri
Rambut berketombe - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketombe di kulit kepala memang menyebalkan, apalagi jika ketombe basah yang bisa sebabkan bau.

Ketombe yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti adanya jamur jenis tertentu di kepala, kepekaan terhadap produk perawatan rambut, kulit kepala kering juga dermatitis seboroik ini memang menjengkelkan.

Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan ketombe, dari menggunakan sampo hingga obat pembasmi ketombe. Namun, banyak orang yang belum mengetahui bahwa salah satu permasalahan kulit kepala dan rambut ini juga bisa diatasi dengan cara alami

Berikut ini cara mengatasi ketombe secara alami ala healthline dan mayoclinic!

1. Menggunakan tea tree oil atau minyak pohon teh

Minyak pohon teh banyak digunakan sebagai obat untuk mengobati jerawat juga psoriasis. Hal ini dibuktikan dengan adanya sifat antimikroba dan anti inflamasi yang kuat pada minyak pohon teh. Kedua sifat yang terkandung inilah yang juga membuat minyak pohon teh dapat meringankan gejala ketombe.

Satu ulasan menyebutkan, minyak pohon teh dapat melawan jenis jamur tertentu yang bisa sebabkan dermatitis seboroik juga ketombe.

2. Menggunakan minyak kelapa

Salah satu obat untuk mengatasi ketombe adalah minyak kelapa. Dengan cara menghidrasi kulit kepala dan mencegah kekeringan, begitulah cara minyak kelapa bekerja untuk mengatasi ketombe.

Beberapa penelitian menunjukkan, minyak kelapa dapat setara khasiatnya dengan minyak mineral dalam meningkatkan hidrasi kulit saat sedang digunakan sebagai moisturaizer atau pelembab.

3. Menggunakan lidah buaya

Lotion, salep kulit, dan juga kosmetik yang mengandung aloe vera atau lidah buaya ternyata selain dapat mengobati sejumlah kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis dan luka dingin, juga bisa melindungi kulit kepala dari ketombe. Studi bahkan menunjukkan lidah buaya dapat mencegah peradangan dan gejala akibat jamur di kulit kepala.

Dalam studi yang sama, lidah buaya bisa melawan beberapa jenis jamur tertentu secara efektif, serta membantu mengendalikan infeksi jamur tertentu. Namun, masih dibutuhkan lagi penelitian yang lebih mumpuni dari ini.

4. Paparan sinar matahari secukupnya

Sinar matahari ternyata bisa jadi salah satu alternatif untuk menghilangkan ketombe yang menyebalkan, namun berjemur terlalu lama bisa tingkatkan risiko kanker kulit. Hal ini karena sinar ultraviolet dapat merusak kulit.

Sebaiknya, beraktivitas di luar ruangan secukupnya, biarkan kulit kepala terpapar sinar matahari.

5. Mengelola stres

Banyak sekali penyakit yang timbul karena stres, karena stres memang mempengaruhi kesehatan tubuh manusia secara menyeluruh. Salah satunya berdampak buruk pada kondisi kulit kepala, bisa memperburuk gejala yang timbul saat kulit kepala berketombe, ataupun juga bisa memicu munculnya ketombe.

6. Mengonsumsi makanan sehat

Asupan makanan juga berpengaruh pada kondisi kulit kepala, termasuk ketombe. Mengonsumsi makanan yang mengandung cukup zinc, vitamin B serta berbagai jenis lemak juga dapat membantu mencegah munculnya ketombe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ketombean rambut perawatan rambut rambut rontok
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top