Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Catat, Ini 10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diketahui

Dalam agama Islam, ada 10 nama malaikat dan tugasnya yang wajib untuk diketahui. Berikut penjelasan lengkapnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 31 Agustus 2022  |  21:51 WIB
Catat, Ini 10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diketahui
Catat, Ini 10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diketahui (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam agama Islam, meyakini kehadiran malaikat Allah SWT merupakan salah satu rukun iman. Nama malaikat dan tugasnya sudah tercatat dalam Al-quran maupun hadist.

Setidaknya ada 10 nama malaikat yang wajib untuk diketahui. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diketahui

Malaikat Jibril

Jibril merupakan salah satu nama malaikat dalam agama Islam. Tugas malaikat Jibril yaitu untuk menyampaikan wahyu kepada dan mengajarkan agama Islam melalui Rasulullah. Tugas Jibril tercatat dalam Q.S. An-Nahl ayat 102 yang artinya;

"Katakanlah, 'Rohulkudus (Jibril) menurunkan Al-Qur'an itu dari Tuhanmu dengan kebenaran, untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri (kepada Allah).” (QS. An-Nahl : 102)

Malaikat Mikail

Nama malaikat lainnya yaitu Mikail. Malaikat ini bertugas untuk mengatur rezeki dari Allah kepada seluruh penghuni bumi baik manusia, hewan, hingga tanaman. Tak hanya itu, malaikat ini juga bertugas untuk menurunkan hujan dan menyuburkan tanaman.

Malaikat Israfil

Tugas malaikat Israfil yaitu untuk meniup sangkakala saat hari kiamat nanti. Tugas ini tercatat dalam Quran Surat Az-Zumar ayat 68, yang artinya seperti berikut;

"Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah)." (QS. Az-Zumar : 68)

Malaikat Izrail

Malaikat Izrail dikenal juga sebagai malaikat maut. Pasalnya, malaikat ini bertugas mencabut nyawa makhluk hidup. Nama malaikat dan tugasnya tercatat dalam Alquran surat As-Sajdah ayat 11 yang bunyinya, seperti berikut.

قُلْ يَتَوَفّٰىكُمْ مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ تُرْجَعُوْنَ ࣖ - ١١

Artinya: "Katakanlah, 'Malaikat maut yang diserahi untuk mencabut nyawamu akan mematikan kamu, kemudian kepada Tuhanmu, kamu akan dikembalikan."

Malaikat Munkar

Munkar merupakan nama malaikat yang tugasnya memberikan pertanyaan kepada orang yang sudah meninggal di dalam kubur. Pada saat itu, setiap manusia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya selama di dunia.

Malaikat Nakir

Tak hanya munkar, nama malaikat dan tugasnya yang sama dengan dengan malaikat Munkar yaitu Nakir. Malaikat Nakir juga bertugas memberikan pertanyaan kepada orang yang sudah meninggal dunia.

Malaikat Raqib

Setiap perbuatan manusia dicatat oleh malaikat. Salah satu malaikat yang tugasnya mencatat perbuatan manusia yaitu Raqib. Malaikat ini bertugas mencatat seluruh amal baik manusia. Amal baik yang dicatat bukan hanya perbuatan yang sudah dilakukan, namun yang baru diniatkan juga sudah dicatat sebagai sebuah perbuatan baik.

Malaikat Atid

Selain malaikat Raqib, ada juga malaikat Atid yang tugasnya mencatat perbuatan manusia. Hanya saja, perbuatan yang dicatat malaikat Atid yaitu perbuatan buruk. Tugas malaikat Atid tercantum dalam surat Al-Qaf ayat 18, yang artinya;

"Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat)." (QS. Al-Qaf : 18)

Malaikat Malik

Malaikat Malik memiliki tugas menjaga pintu neraka. Nama malaikat dan tugasnya tercantum dalam surat Az-Zukhruf ayat 77, yang berbunyi seperti berikut:

وَنَادَوْا يٰمٰلِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَۗ قَالَ اِنَّكُمْ مَّاكِثُوْنَ – ٧٧

Artinya: "Dan mereka berseru, 'Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja.' Dia menjawab, 'Sungguh, kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)'."

Malaikat Ridwan

Nama malaikat terakhir yang wajib diketahui yaitu malaikat Ridwan. Berbeda dengan malaikat Malik, malaikat Ridwan bertugas untuk menjaga pintu surga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Malaikat nama islam
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top