5 Alat Musik Papua Tradisional yang Perlu Diketahui (Wikimedia Commons_Rian Tatuwo)
Entertainment

Ini 5 Alat Musik Papua Tradisional yang Perlu Diketahui

Nuraini
Senin, 5 September 2022 - 22:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Alat musik Papua merupakan jenis alat musik tradisional yang sering digunakan oleh masyarakat Papua. Tak hanya satu, alat musik dari daerah tersebut ternyata ada banyak ragamnya. 

Alat musik yang berasal dari Papua memiliki fungsi yang tak berbeda dengan alat musik dari daerah lain seperti digunakan untuk upacara adat, pengiring tarian, dan lain sebagainya. Alat musik yang berasal dari Papua ini menjadi salah satu seni legendaris yang ada di Indonesia. 

Tapi, sangat disayangkan karena alat musik Papua ini tidak terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Padahal alat musik yang berasal dari Papua juga termasuk alat musik khas Indonesia sehingga kita juga perlu mengetahui alat musik dari Papua ini sebagai bentuk kecintaan terhadap tanah air Indonesia.

Untuk lebih mengenal alat musik dari tanah Papua, simak penjelasan berikut ini. 

Macam Alat Musik Tradisional Papua

  • Pikon

Alat musik pertama yang berasal dari Papua yaitu ada Pikon. Alat musik ini biasanya digunakan oleh kaum pria yang berasal dari Suku Dani. Alat musik ini berbentuk bulat lonjong yang dari bambu dengan ukuran sangat kecil. 

Alat musik ini di bagian tengahnya juga memiliki seutas tali. Bagian tali ini akan dipasang dengan kencang dan terikat pada sepotong lidi yang memiliki fungsi sebagai penggetar. 

Cara untuk memainkan alat musik ini juga cukup sederhana yaitu dengan menarik lidi di bagian pangkal yang nantinya potongan penggetarnya akan otomatis bergerak dan menimbulkan suara-suara yang khas.

  • Tifa

Alat musik yang kedua yaitu Tifa. Alat musik ini merupakan alat musik tradisional dari Papua yang dimainkan dengan cara ditabuh atau dipukul. Alat musik ini juga memiliki pegangan di salah satu bagiannya. 

Tifa terbuat dari kayu yang kuat dan biasanya jenis kayu yang digunakan untuk membuat Tifa ini yaitu kayu linggua dan membran bagian atasnya dibuat dari kulit hewan. 

  • Yi

Alat musik selanjutnya yang berasal dari Papua yaitu alat musik Yi. Alat musik ini memang tidak banyak orang yang tahu. Yi mempunyai fungsi untuk mengumpulkan penduduk pada suatu tempat. 

Yi ini biasa digunakan oleh ketua adat untuk acara adat ataupun untuk menyampaikan pengumuman kepada warga kampung. Alat musik ini terbuat dari kayu gelondongan dan di bagian tengahnya terdapat rongga. Cara menggunakan alat musik ini yaitu dengan dipukul keras seperti menggunakan kentongan.

  • Trito 

Alat musik selanjutnya yang berasal dari Papua yaitu Triton. Alat musik ini termasuk cukup unik karena terbuat dari kulit kerang yang ada di pantai. Kulit kerang ini bisa ditemukan di seluruh pantai yang ada di Papua. 

Cara memainkannya juga sangat mudah yaitu hanya dengan meniup satu sisi dari kulit kerang. Biasanya alat musik Ini digunakan untuk memanggil ataupun memberi tanda.

  • Triton

Alat musik Papua selanjutnya yaitu kecapi mulut. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup. Cara memainkannya itulah yang membuat kecapi khas Papua berbeda dengan Kecapi yang ada di Jawa yang dimainkan dengan cara meniup dan menarik tali. Alat musik ini terbuat dari bambu wuluh yang berukuran kecil.

Itulah beberapa alat musik Papua yang harus kita ketahui. Selain 5 alat musik di atas masih ada banyak alat musik khas dari Papua yang bisa dieksplor lebih dalam. Dengan mengenal alat musik tradisional, berarti kita sudah turut melestarikan budaya khas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro