Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manfaat Minum Infused Water, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Berikut sederet manfaat minum jnfused water, dari antioksidan sampai turunkan berat badan.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 13 September 2022  |  13:27 WIB
Manfaat Minum Infused Water, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?
Ilustrasi air lemon atau infused water - PinkVilla
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beragam cara meminum air putih supaya lebih asik bermunculan, salah satunya dengan infused water atau detoks water. Infused water adalah air putih yang dibubuhi berbagai macam buah segar, sayuran ataupun rempah-rempah agar lebih sehat.

Berbeda dengan jus, infused water mengandung lebih sedikit kalori, karena buah tidak dihancurkan bersama dengan air.

Sebenarnya prinsipnya sama seperti meminum air putih, yaitu agar tubuh terhidrasi, namun dengan ekstrak rasa tambahan agar lebih menarik dan lebih sehat.

Namun, disamping memberikan manfaat menyegarkan dan mencegah dehidrasi, infused water juga punyai sederet manfaat lain. Seperti mengeluarkan racun dari dalam tubuh, serta membantu menurunkan berat badan.

Berikut manfaat infused water berdasarkan beberapa sumber.

1. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat meminum air detoks atau infused water adalah membantu menurunkan berat badan. Karena air bisa meningkatkan metabolisme, ini memungkinkan tubuh membakar kalori yang lebih banyak.

Bukan hanya meningkatkan metabolisme, tetapi air juga bisa membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga mempengaruhi nafsu makan yang berkaitan dengan berat badan. Caranya dengan meminum infused water sebelum makan, ini efektif mengurangi porsi makan dari biasanya.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sama seperti meminum air putih, meminum infused water juga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan serta mengatur buang air besar agar teratur. Hal ini dikarenakan meminum banyak air dapat membantu mendorong makanan untuk melewati usus. Ini kemudian yang menjadi cara kerja air dalam mencegah sembelit.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meminum infused water juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika menggunakan buah yang mengandung vitamin C tinggi. Karena vitamin C mempunyai manfaat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Namun, mengonsumsi jus dengan buah yang tinggi kandungan vitamin C seperti lemon, mangga, kiwi dan lain-lain akan menerima manfaat yang jauh lebih besar daripada meminum infused water dari buah-buahan tersebut.

4. Membantu proses detoksifikasi

Seperti namanya, air detoks atau infused water bermanfaat untuk membantu proses detoksifikasi alami tubuh. Cara kerjanya dengan membantu mencegah retensi cairan yang bisa membantu ginjal untuk mengeluarkan sampah metabolisme dengan baik, termasuk racun. Ini bisa menyebabkan meningkatan jumlah keluaran urin dan menimbulkan lebih sedikit kembung.

5. Sumber antioksidan yang kaya akan manfaat

Membuat infused water dengan sayuran mentimun, tidak hanya bisa menyegarkan, tetapi juga kandungan mentimun juga menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Mentimun kaya antioksidan, yang bisa mencegah terjadinya kerusakan sel akibat stres oksidatif.

Stres oksidatif ini menjadi salah satu penyebab dari beberapa penyakit seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes. Namun, diperlukan banyak meminum infused water untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minuman antioksidan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top