Konro bakar yang disajikan di Restoran Konro Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan. / Bisnis - Adam Rumanasyah
Kuliner

Rahasia Konro Karebosi, Kuliner Legendaris Makassar Sejak 1968

Dany Saputra
Selasa, 20 September 2022 - 15:31
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Makassar merupakan kota yang memiliki sederet kuliner khas dengan cita rasa beragam. Konro, menu iga sapi khas kota terbesar di Indonesia Timur itu, merupakan salah satu incaran warga lokal hingga wisatawan.

Salah satu restoran Konro yang berada di pusat Kota Makassar yakni Konro Karebosi, yang juga merupakan salah satu destinasi kuliner termasyhur di kota itu. Cabang restorannya pun sudah tersedia di Ibu Kota persisnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Nama Karebosi sendiri lekat dengan Lapangan Karebosi yang terletak di pusat kota Makassar. Dulu, Konro legendaris itu dijual di warung tenda dalam lapangan tersebut sejak 1968.

Namun selang sekitar empat tahun setelahnya, si empunya Konro Karebosi yakni H. Hanaping merelokasi bisnis keluarga itu ke Jalan Gunung Lompobattang, Ujung Pandang, Makassar. Kini, lokasi berjualan berpindah ke ruko dua lantai dan letaknya masih cukup dekat dengan Lapangan Karebosi yang sudah ditata sedemikian rupa.

Kendati sudah berjualan 54 tahun lamanya, Konro Karebosi masih menawarkan dua menu yang sama yaitu konro bakar dan sop konro. Beberapa pengunjung lokal yang ditemui oleh Tim Jelajah Pelabuhan Bisnis Indonesia beberapa waktu lalu pun mengaku cita rasa kedua menu tidak pernah berubah.

Cita rasa gurih bumbu kacang yang melumuri iga bakar akan lebih sedap jika ditambahkan sedikit perasan jeruk limau. Bawang goreng yang renyah juga disajikan untuk setiap pelanggan sehingga bisa menambah sensasi ketika mengunyah daging iga yang lembut.

Begitu pula dengan sop konro yang disajikan dengan kuah hangat dan kaya akan rempah-rempah khas Konro Karebosi. Pengunjung terlihat mengangkat tulang besar daging iga itu dari piringnya dan menyeruput kuah rempah setelahnya.

Adapun, letak kekhasan Konro Karebosi berada pada dagingnya yang sangat lembut. Saking lembutnya, daging iga terasa seperti meleleh di mulut.

Hal itu berkat cara memasak daging iga dengan direbus selama empat jam lamanya. Jurus andalan turun temurun itu sekarang digunakan oleh generasi kedua keluarga pemilik usaha, alhasil membuat Konro Karebosi "berbeda" dari konro lainnya.

Untuk diketahui, konro bakar dan sop konro dihargai mulai dari sekitar Rp80.000 per porsi. Harga tersebut belum termasuk seporsi nasi untuk menjadi teman menyantap daging iga empuk ala Karebosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro