Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip 7 Cara Buka Website yang Diblokir

Berikut beragam cara membuka website yang diblokir dengan mudah dan cepat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 September 2022  |  13:35 WIB
Intip 7 Cara Buka Website yang Diblokir
Tampilan halaman muka aplikasi penyedia game Steam milik Valve Corp. yang tidak bisa diakses. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi memblokir sejumlah penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat yang belum melakukan pendaftaran pada Sabtu (30/7/2022). - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda pasti pernah membuka sebuah halaman website namun terblokir.

Alasan terblokirnya website itu bisa jadi karena jaringan internet Anda tidak memberikan akses untuk menelusuri laman tersebut.

Jangan menyerah, karena ada beberapa cara Anda bisa tetap membuka website yang sudah terblokir tersebut seperti berikut ini dilansir dari maketecheasier.

1. Jaringan Pribadi Virtual (VPN)

Menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) adalah pilihan pertama bagi banyak orang. VPN komersial yang andal juga merupakan cara terbaik untuk mengesampingkan sensor ISP/pemerintah karena VPN ini menggunakan terowongan terenkripsi ujung ke ujung tanpa meninggalkan jejak keberadaan Anda di log jaringan.

Beberapa rekomendasi VPN teratas kami termasuk ExpressVPN, NordVPN, Mullvad VPN, SurfShark, dan Privado.

2. Situs mirroring dan URL Alternatif

Jika situs web dibatasi oleh ISP, Anda dapat memperoleh kembali aksesnya menggunakan situs mirror resmi dan tidak resminya, serta URL alternatif, jika tersedia.

Satu-satunya masalah dengan situs mirror adalah tautannya tidak permanen, dan perubahannya sulit dilacak. Cara terbaik adalah menjalankan pencarian Google sederhana untuk menemukan situs mirror terbaru untuk situs web yang dilarang.

3. Proxy Web Gratis

Menggunakan proxy web anonim selalu menjadi alternatif populer untuk layanan VPN. Sama seperti VPN, VPN dapat menyembunyikan alamat IP Anda dan mengenkripsi koneksi Anda untuk memastikan tingkat privasi yang tinggi. Sementara ISP memblokir proxy web gratis dari waktu ke waktu, yang baru akan dengan mudah muncul di pencarian Google.

Di antara opsi proxy gratis terbaru, ProxySite dan CroxyProxy adalah situs web yang sangat andal yang memberikan rendering situs yang sangat baik.

4. Proyek Tor

Tidak ada yang mendekati Proyek Tor dalam hal melewati sensor. Tor memastikan privasi pengguna melalui perutean bawang yang unik di mana data lalu lintas dienkripsi dan dilewati melalui beberapa node perantara. Meskipun Tor bisa sedikit lebih lambat, ini adalah teknologi tangguh yang akan selalu membuat Anda selangkah lebih maju dari segala upaya penyensoran atau pembatasan.

5. Mengubah Pengaturan DNS

Seperti disebutkan sebelumnya, ISP dapat menggunakan alamat DNS mereka untuk memberlakukan pembatasan pada situs web dan alamat IP mereka. Masalah seperti itu dapat diatasi dengan menggunakan layanan DNS publik, dan ada banyak pilihan. Anda selalu dapat menemukan alamat IP DNS Publik Google menggunakan pencarian Google.

6. Terowongan SSH

Yang satu ini membutuhkan sedikit pengetahuan teknis, tetapi sebenarnya mudah dipelajari. Secure Shell (SSH) tunneling adalah manuver klasik yang digunakan untuk mentransfer file dan data dari jarak jauh ke server di seluruh dunia. Tetapi teknik tunneling SSH yang sama dapat digunakan sebagai VPN de facto. Kami akan mendemonstrasikannya untuk Rebex Buru SFTP Server yang sangat mudah digunakan, dan dapat dengan cepat diinstal pada perangkat Windows. Rebex gratis untuk penggunaan pribadi.

7. Gunakan Mesin Wayback

Internet tidak pernah melupakan informasi apa pun yang Anda posting secara online. The Wayback Machine adalah salah satu contoh terbaik dari memori yang begitu panjang dan jauh. Hampir semua halaman web di-cache dan setidaknya satu snapshot disimpan di The Wayback Machine. Anda dapat dengan mudah menemukan lebih banyak lagi karena ini adalah satu-satunya repositori konten arsip terbesar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

website pemblokiran blokir blokir situs
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top