Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sering Disangka Rumput, Ini 7 Manfaat Sirih China Bagi Kesehatan

Ternyata tumbuhan yang sering dianggap sebagai rumput ini bisa mengobati berbagai penyakit loh!
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 24 September 2022  |  07:32 WIB
Sering Disangka Rumput, Ini 7 Manfaat Sirih China Bagi Kesehatan
Daun sirih - Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa waktu lalu, seorang influencer Tiktok dengan nama akun Gardening with Er yang kerap mengunggah konten berkebun membagikan pengalamannya memetik tanaman sirih China di kebun atap miliknya.

Video yang diunggahnya pada 21 September lalu ini, ditonton hingga 3,8 juta orang dan mendapatkan sekitar 3200 komentar. Banyak warganet mengira bahwa tanaman tersebut tidak bisa dimakan. 

Akun tersebut lantas membuat video lanjutan yang diunggah pada hari berikutnya. Pada video lanjutan tersebut, dia menjelaskan tentang cara memasak tanaman tersebut. 

Dilansir dari Healthbenefitstimes, Sabtu (24/9/2022), sirih China yang memiliki nama ilmiah peperomia pellucida ini merupakan tanaman semak yang bersinar dan merupakan herbal tahunan berakar dangkal dan satu keluarga dengan piperaceae. 

Tanaman ini berasal dari daerah tropis Amerika Selatan dan Amerika Tengah, namun banyak juga dibudidayakan di India, Asia Tenggara, Australia, dan Pasifik. 

Healthbenefitstimes juga menyebutkan tanaman ini mempunyai banyak manfaat, diantaranya:

1. Mengobati maag

Sebuah studi menunjukkan, rebusan sirih china bisa meredakan maag pada pasien. Ekstrak sirih China membantu melindungi lambung dari kerusakan.

2. Membantu menyembuhkan kanker

Daun sirih China mengandung peperomin E yang telah dibuktikan oleh penelitian dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Penelitian lain juga mengungkap, ekstrak daun sirih China memiliki aktivitas anti kanker.

Selain itu, ekstrak tumbuhan ini juga ditemukan bisa menghambat pertumbuhan beberapa patogen dan bakteri.

3. Memiliki antioksidan kuat

Banyak sekali manfaat dari antioksidan yang bisa diserap oleh tubuh. Penelitian menunjukkan, ada banyak kandungan antioksidan dalam ekstrak daun sirih China.

4. Membantu mengatasi depresi

Penelitian yang dilakukan di Bangladesh menunjukkan, ekstrak daun sirih China yang diberikan pada tikus menunjukkan aktivitas antidepresan di dalamnya. Hasilnya pemberian ekstrak daun sirih China ini bisa membantu mengobati gangguan kegembiraan yang berlebihan, jika diberikan sesuai dosisnya.

Meskipun demikian belum ada penelitian yang menunjukkan tanaman ini bisa membantu mengatasi depresi pada manusia.

5. Mengobati asam urat

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang diberi ekstrak daun sirih China membantu menurunkan kadar asam urat hingga 44 persen. Hal ini dikarenakan sirih China memiliki kandungan senyawa yang dapat digunakan sebagai alternatif allopurinol untuk mengontrol kadar asam urat.

Meskipun demikian belum ada penelitian yang menunjukkan tanaman ini bisa membantu mengurangi kadar asam urat pada manusia.

6. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Meminum air rebusan daun sirih China bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Ini juga membantu mencegah penyakit yang bisa disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.

7. Mengobati radang sendi

Daun sirih China sudah lama digunakan untuk mengobati gangguan artikular yang berkaitan dengan radang sendi, secara tradisional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obat herbal Tanaman Obat Influencer

Sumber : Healthbenefitstimes

Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top