Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. /Klikdokter-Shuttlecock
Health

Penting! 10 Tips Cara Cegah Diabetes Tipe 2

Ileny Rizky
Selasa, 27 September 2022 - 15:07
Bagikan

Hindari alkohol, camilan, dan garam

6.  Hindari alkohol 

Minum terlalu banyak alkohol dikaitkan dengan salah satu hal yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.  Alkohol memiliki kandungan kalori yang tinggi, hal ini tentunya dapat menyulitkan Anda dalam menurunkan berat badan. 

7. Pilih camilan yang lebih sehat

Jika Anda ingin tetap mengonsumsi camilan, adapun pilihan yang disarankan adalah yoghurt tanpa pemanis, kacang tawar, biji buah-buahan، dan sayur-sayuran. Hindari makan keripik, biskuit, permen, dan cokelat. 

8. Perhatikan lemak sehat

Tubuh memerlukan beberapa lemak sehat dalam makanan untuk memberikan energi. Jenis lemak yang dipilih dapat mempengaruhi kesehatan kita. Beberapa lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah Anda, tentunya dapat meningkatkan risiko masalah jantung.

Lemak sehat dapat ditemukan pada kacang tawar, biji alpukat, minyak zaitun, minyak lobak, dan minyak bunga matahari. Selain itu,  jenis lemak yang ditemukan pada ikan berminyak seperti salmon dan mackerel juga dikaitkan dapat membantu dalam penurunan risiko diabetes tipe 2. 

9. Kurangi garam berlebih

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, yang dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Memiliki tekanan darah yang tinggi juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Cobalah untuk membatasi diri Anda untuk maksimal satu sendok teh (6g) garam sehari. 

10. Konsumsi vitamin dan mineral 

Pilihan terakhir yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 ialah dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen tertentu. Namun, Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau para ahli profesional Anda agar mengonsumsi jenis suplemen yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro