Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bun, Begini Tips Membujuk Anak Agar Mau Makan Sayur dan Buah

Buat Anda orang tua yang anaknya malas makan buah dan sayur, berikut tips yang bisa diterapkan pada anak.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 28 September 2022  |  19:55 WIB
Bun, Begini Tips Membujuk Anak Agar Mau Makan Sayur dan Buah
Buah dan sayur - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia bukanlah negara yang kekurangan sayur dan buah. Karena geografisnya yang terdiri dari banyak gunung berapi, membuat tanah Indonesia sangat mudah ditumbuhi berbagai tumbuhan, tidak terkecuali sayur dan buah.

Namun, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Imran Agus Nuraini justru menyebutkan, sebanyak 95,5% masyarakat Indonesia masih kurang mengonsumsi buah dan sayur dalam porsi yang cukup. Data ini berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018.

Hal ini terjadi di semua usia, terlebih anak-anak. Anak-anak kerap menolak saat disuguhi makanan dengan sayur ataupun buah, terlebih pada sayur dan buah tertentu yang punyai rasa kurang menarik.

Padahal, WHO sudah mewanti-wanti bahwa konsumsi buah dan sayur pada balita dan anak usia sekolah sangatlah baik bagi perkembangan. 

Jumlah konsumsi harian buah yang disarankan WHO untuk anak-anak adalah sebanyak 100 hingga 130 gram. Sedangkan konsumsi sayur sekitar 200 hingga 260 gram perharinya. 

Hal ini membuat para ibu harus berpikir ekstra agar anak-anak tetap bisa mendapatkan manfaat dari konsumsi sayur dan buah.

Berikut ini cara yang bisa jadi alternatif agar anak mau mengonsumsi sayur ataupun buah:

1. Perkenalkan sayur pada anak dengan cara yang menyenangkan

Selama ini, sayur selalu dipandang sebagai makanan yang tidak enak, oleh anak-anak. Maka cara ibu memperkenalkan haruslah menarik, supaya anak mau mencobanya. Misalnya dengan menjelaskan manfaatnya.

2. Ajak anak berbelanja sayuran dan buah

Anak-anak umumnya akan senang jika diajak berbelanja, melibatkan mereka dalam kegiatan ini bisa jadi cara untuk memperkenalkan anak pada ragam sayur dan buah secara langsung. Setelah itu, biarkan anak memilih sayur dan buah apa yang ingin dibelinya.

3. Jadilah contoh

Anak pasti akan melihat makanan apa saja yang dikonsumsi oleh orang tuanya. Maka, untuk mendorong anak agar terbiasa dengan sayur dan buah, memberi anak contoh mengkonsumsinya adalah hal yang bisa dicoba. 

Setelah itu, perlihatkan pada anak bahwa sayur dan buah tidak semengerikan itu dan memilki banyak manfaat untuk tubuh.

4. Buat makanan dari sayuran dan buah dengan bentuk yang menarik

Berbagai cara mengonsumsi buah ataupun sayur bisa ditemui di internet. Salah satunya dengan membuat salad buah, salah sayur, ataupun makanan kesukaan anak lainnya namun diselipkan sayur ataupun buah di dalamnya.

Seperti menambahkan sayuran pada mie instan yang dikonsumsi anak ataupun  menambahkan berbagai topping buah pada es krim. Meskipun demikian, bukan berarti diperbolehkan mengonsumsi mie instan ataupun es krim dalam jumlah yang banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buah Jus Buah buah impor sayuran sayur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top