Perempuan sedang hamil
Health

Kenali 7 Tanda Awal Kehamilan yang Umum Dialami Ibu Hamil

Widya Islamiati
Kamis, 29 September 2022 - 13:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak hanya melalui tes kehamilan seperti menggunakan test pack, kehamilan juga bisa diketahui melalui tanda-tanda yang muncul di awal periode. 

Healthline menyebut, tanda-tanda ini biasanya akan muncul pada periode akhir menstruasi terakhir. Karena ini merupakan periode awal penghitungan masa kehamilan

Berikut ini tanda yang muncul pada masa awal kehamilan:

1. Peningkatan suhu tubuh 

Pada awal kehamilan, suhu tubuh basal bisa saja meningkat. Cara meresponnya dengan meminum banyak air dan berolahraga secara teratur. 

2. Kelelahan

Ini merupakan tanda umum yang dialami ibu hamil di masa awal kehamilan. Hal ini terjadi karena tingkat progesteron akan meningkat sehingga menimbulkan rasa ngantuk dan lelah.

Cara mengatasinya dengan tidur saat merasa lelah dan menjaga ruangan agar tetap sejuk.

3. Peningkatan denyut jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 mengungkap, aliran darah akan meningkat hingga 30-50% selama masa kehamilan. Ini juga menambah beban kerja jantung menjadi lebih berat.

4. Terjadi perubahan pada payudara

Ketika menemukan payudara menjadi lunak dan bengkak, ini bisa jadi sedang mengandung. Karena saat mengandung, payudara bisa mengalami perubahan seiring dengan perubahan hormon.

Perubahan payudara bisa terjadi pada 4 ataupun 6 minggu kehamilan. Lalu pada usia ke 11 masa kehamilan, akan terjadi perubahan puting. Perubahan tersebut pada aroma yang menghadiri besar dan lebih gelap.

Cara mengatasinya dengan membeli bra bersalin ataupun bra tanpa kawat. Selain it,u pilih bra yang memiliki bantalan agar bisa mengurangi gesekan puting.

5. Perubahan suasana hati 

Hormon estrogen dan progesteron akan meningkat selama kehamilan, hal ini berpengaruh pada suasana hati. Inilah mengapa ibu hamil sering disebut lebih emosional, karena perubahan suasana itu bisa menyebabkan depresi, sifat lekas marah, kecemasan, dan euforia.

6. Sering buang air

Di masa kehamilan, akan sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan selama masa kehamilan, tubuh meningkatkan jumlah darah yang dipompa. 

Inilah yang menyebabkan ginjal lebih banyak memproses cairan dan banyak pula cairan yang ada di kandung kemih. 

Cara mengatasinya adalah minum lebih banyak 300 ml air dari porsi seharusnya, setiap hari.

7. Morning sickness

Morning sickness, mual dan muntah adalah tanda yang sangat umum dari kehamilan pada periode awal, tepatnya pada minggu ke-4, ke-6 ataupun ke-9 masa kehamilan.

Meskipun namanya morning sickness, tetapi faktanya bisa terjadi kapan saja, bukan hanya dipagi hari. 

Cara mengatasinya dengan memakan biskuit asin pada malam hari, untuk mencegah mual pada pagi hari. Selain itu, meminum banyak air juga bisa mengurangi tanda ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro