Kanker payudara. /hindustantimes.com
Health

Faktor Risiko Kanker Payudara, Kehamilan di Atas Usia 30 Tahun Salah Satunya

Widya Islamiati
Senin, 19 September 2022 - 15:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika tumbuh benjolan di payudara, itu bisa jadi kanker payudara. Penyebab tumbuhnya benjolan ini adalah kombinasi dari beberapa faktor risiko seperti hormonal, genetik, gaya hidup serta lingkungan.

Menurut health.com, kanker payudara terjadi saat sel-sel abnormal membelah dan menumpuk menjadi massa yang bermetastasis ke bagian tubuh yang lain, seperti kelenjar getah bening.

Lalu apa saja yang menyebabkan terjadinya kanker payudara? Berikut ini faktor risiko kanker payudara berdasarkan CDC dan health.com.

Faktor risiko kanker payudara

Ada beberapa faktor risiko kanker payudara, meliputi yang bisa diubah dan tidak bisa diubah.
Faktor risiko kanker payudara yang tidak bisa diubah
Menua

Saat wanita menua dan beranjak menuju usia 50 tahun, wanita mengalami peningkatan risiko terkena kanker payudara.

Mutasi genetik

Wanita bisa warisi perubahan atau mutas pada gen tertentu seperti BRCA1 dan BRCA2. Ini membuat wanita tersebut memiliki risiko terkena kanker payudara yang meningkat.

Sistem reproduksi

Pada seorang wanita yang mengalami menstruasi sebelum usia 12 dan mulai alami menopause di usia 55 tahun, risiko terkena kanker payudara meningkat. Hal ini dikarenakan wanita tersebut mengalami paparan hormon yang lebih lama dibandingkan dengan wanita yang tidak alami hal tersebut.

Payudara yang padat

Pada payudara yang padat, jaringan ikat lebih banyak dibandingkan jaringan lemak. Hal ini kadangkala menyulitkan untuk melihat tumor.

Riwayat kanker

Seorang wanita yang pernah mengalami kanker payudara ataupun kanker lain kemudian sembuh, risikonya kembali terkena kanker payudara juga akan meningkat.

Riwayat keluarga

Jika mempunyai riwayat keluarga seperti ibu yang punyai penyakit kanker payudara ataupun kanker ovarium, akan meningkatkan risiko terkena penyakit yang sama. Selain ibu, saudara perempuan, ataupun keluarga dari pihak ibu dan ayah yang memiliki riwayat kanker payudara juga memiliki risiko yang sama.

Radiasi akibat pengobatan

Ada beberapa penyakit yang pengobatannya membutuhkan terapi radiasi pada dada atau kanker payudara, seperti pengobatan limfoma hodgkin. Ini akan meningkatkan risiko kanker payudara jika dilakukan pada usia di bawah 30 tahun.

Paparan obat

Obat dietilstilbestrol (DES) dapat membuat wanita hamil atau anak yang dikandung saat ibu hamil memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Bahkan pada tahun 1940 dan 1971, obat ini digunakan untuk menggugurkan kandungan wanita di Amerika Serikat.

Faktor risiko kanker payudara yang bisa diubah

Selain faktor risiko kanker payudara yang tidak bisa diubah, ada juga beberapa faktor risiko kanker payudara yang bisa diubah.

Kurangnya gerak fisik

Bergerak aktif secara fisik bisa mencegah seorang wanita terkena kanker payudara.

Obesitas

Kelebihan berat badan bisa menjadi salah satu faktor risiko yang membuat seorang perempuan terkena kanker payudara.

Kontrasepsi oral

Menggunakan kontrasepsi oral tertentu juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker payudara.

Kehamilan pertama di atas usia 30 tahun
Seorang ibu yang mengalami kehamilan pertama saat usianya di atas 30 tahun, yang tidak pernah hamil, dan juga tidak pernah menyusui juga memiliki risiko kanker payudara yang meningkat.

Konsumsi alkohol

Penelitian menunjukkan bahwa seorang wanita yang mempunyai kebiasaan konsumsi alkohol memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker payudara. Ini jika dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi alkohol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro