Cara mengobati sakit gigi/istimewa
Health

Ini Cara Alami Mengobati Sakit Gigi 

Ileny Rizky
Rabu, 5 Oktober 2022 - 11:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sakit gigi dapat membuat aktivitas Anda terganggu karena rasa sakitnya yang tidak tertahankan. Bahkan, hingga membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Simak cara mengobati sakit gigi alami tanpa harus ke dokter. 

Sakit gigi terjadi ketika pulpa (saraf lunak) yang terdapat di dalam gigi teriritasi atau terinfeksi oleh bakteri yang menyebabkan abses (nanah) di sekitar gigi. 

Sementara itu, apabila sakit gigi yang Anda rasakan hanya memiliki gejala ringan, Anda dapat mengatasinya sendiri dengan menggunakan sejumlah cara alami di rumah.

Namun, jika sakit gigi diakibatkan karena terjadinya radang gusi dan kerusakan gigi yang tidak kunjung membaik, maka diperlukan penanganan langsung dari dokter gigi.

Penyebab timbulnya sakit gigi: 

- Kerusakan gigi 

- Infeksi sinus 

- Gusi yang meradang 

- Abses gigi 

- Nyeri alih dari telinga 


Gejala Sakit Gigi: 

1. Adanya pembengkakan pada area sekitar gigi 

2. Rasa sakit yang kuat, bahkan terasa berdenyut saat mengunyah  

3. Muncul rasa tidak enak dari gigi yang terinfeksi 

4. Mengalami sakit kepala, bahkan bisa menyebabkan demam 

5. Muncul bau yang tidak sedap dari mulut. 

6. Dalam kondisi ekstrem, bisa mengalami kesulitan bernapas dan menelan yang disertai dengan rasa sakit.

Cara Alami Mengobati Sakit Gigi:

Untuk mengobati sakit gigi, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami berikut yang dapat didapatkan secara mandiri di rumah:

1. Kelapa 

Akar kelapa memiliki manfaat antijamur, antibakteri dan antioksidan. Tepung kelapa mengandung asam laurat, hal ini memungkinkan memiliki efek antikaris (dapat menghentikan kerusakan gigi) dengan mengurangi plak bakteri dan biofilm. 

Dalam pengobatannya, Anda dapat merebus akar kelapa dengan air yang kemudian digunakan sebagai obat kumur. Kumur akar kelapa mungkin menjadi salah satu pengobatan rumahan untuk sakit gigi dan gigi sensitif. 

Rebusan yang terbuat dari kulit pohon kelapa dapat digunakan sebagai obat kumur dan obat kumur untuk meredakan sakit gigi. 

2. Bawang putih 

Bawang putih memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antivirus. Sifat-sifat bawang putih ini berperan dalam mengelola mikroflora plak gigi.

Dalam pengobatannya, Anda dapat membuat pasta gigi dari  bawang putih. Caranya cukup mudah, Anda perlu menyediakan 2 hingga 3 umbi bawang putih yang diberi dengan sedikit garam.

Setalah itu, hancurkan dalam mangkuk untuk membuat pasta. Pasta bawang putih dapat langsung dioleskan ke gigi yang sakit untuk meredakan nyeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro