Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mirip Ketombe, Kenali Apa Itu Scalp Psoriasis

Kenali apa itu Scalp Psoriasis yang mirip dengan ketombe di rambut Anda.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 06 Oktober 2022  |  19:00 WIB
Mirip Ketombe, Kenali Apa Itu Scalp Psoriasis
scalp psoriasis - clevelandclinic
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang content creator bernama @scratchyscalp kerap membagikan pengalamannya tentang scalp psoriasis yang dialaminya. Salah satu video yang memperlihatkan dia menyisir scalp psoriasis pun menarik perhatian warganet.

Hingga video yang diunggahnya itu mendapat 6.7 juta penonton dan mendapat lebih dari 2000 komentar, yang didominasi oleh warganet Indonesia.

Lantas, apa itu scalp psoriasis?

Psoriasis kulit kepala atau scalp psoriasis terjadi saat munculnya warna yang berbeda dengan kulit kepala dengan bercak menonjol kemerahan dan bersisik putih. Pada orang yang memiliki kulit lebih gelap, bercak mungkin akan berwarna ungu dengan sisik abu-abu.

Mengutip laman Webmd, scalp psoriasis bisa mempengaruhi seluruh kepala. Bahkan, bisa menyebar hingga dahi, belakang leher, ataupun bagian belakang dan dalam telinga.

Apa yang menyebabkan scalp psoriasis?

Scalp psoriasis bukanlah penyakit kulit yang menular. Namun, hingga saat ini belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan penyakit ini timbul.

Tenaga kesehatan menyebut, hal ini bisa jadi disebabkan oleh kesalahan pada sistem kekebalan yang menumbuhkan sel kulit dengan cepat, sehingga menumpuk di permukaan.

Bagaimana gejala scalp psoriasis?

Tingkat keparahan scalp psoriasis mempengaruhi gejala yang timbul. Scalp psoriasis yang ringan bisa saja tidak terlihat, namun scalp psoriasis yang cukup parah akan bertahan lama dan menyebabkan luka serta berkerak.

Kerak itu berupa bercak bersisik berwarna merah ataupun ungu, dengan sisik abu-abu. Lalu akan terjadi pengelupasan seperti ketombe. Kulit kepala kering dan seperti terbakar.

Kondisi ini juga menimbulkan rasa gatal. Ini membuat orang lebih banyak menggaruk kulit kepala yang kemudian akan menimbulkan infeksi kulit dan kerontokan rambut.

Bagaimana mengatasi scalp psoriasis?

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan perawatan topikal. Bisa dengan menggunakan sampo, gel, krim, salep, minyak ataupun sabun.

Ada dua kandungan produk yang disarankan oleh FDA untuk mengobati scalp psoriasis:

Asam salisilat atau salicylic acid yang merupakan zat asam pengelupas. Biasanya dijual dalam bentuk sampo. Ini berguna untuk membantu menghilangkan sisik.

Coal tar, ini biasanya terkandung dalam sampo, gel, krim, salep ataupun sabun. Gunanya untuk membantu memperlambat pertumbuhan kulit serta mengurangi gatal dan peradangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ketombean kepala rambut perawatan rambut
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top