peresmian rumah singgah Hermina dan FIF
Relationship

Deretan Rumah Singgah untuk Keluarga Pasien Tidak Mampu di Jakarta

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 6 Oktober 2022 - 18:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Keberadaan rumah singgah untuk membantu pasien dan keluarga pasien tidak mampu saat berobat, kini sudah umum dimanapun.

Fungsi dari rumah singgah ini sendiri, untuk membantu pasien dan keluarga pasien tidak mampu mendapatkan tempat tinggal.

Pasalnya, jika mereka menyewa penginapan, maka biaya akan membengkak.

Berikut daftar lokasi rumah singgah di Jakarta 

1. FIF dan Hermina

Rumah singgah yang dibangun kerja sama antara FIF Group dan Hermina terletak di kawasan Siliwangi, Depok.

Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi masyarakat kurang mampu yang membutuhkan perawatan ataupun penangan medis. Fasilitas itu sekaligus   menjawab kebutuhan keluarga pasien yang sedang berobat atau menunggu perawatan dari RSU Hermina Depok atas sebuah tempat tinggal sementara yang layak.

Selain penyediaan rumah singgah, melalui program ini FIFGROUP dan RSU Hermina Depok membuka kesempatan terbuka bagi sejumlah pasien kurang mampu yang membutuhkan penanganan medis.

“Kegiatan ini tentunya diharapkan dapat memberikan dampak besar dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya yang membutuhkan penanganan medis dan tempat sementara untuk menginap. Semoga program ini menjadi awalan yang baik antar RSU Hermina Depok dengan FIFGROUP,” tutur Wali Kota Depok Mohammad Idris .

Selain itu, turut hadir jajaran direksi FIFGROUP, yaitu Operation Director FIFGROUP, Setia Budi Tarigan; Human Capital, General Support, & Corporate Communication Robertus Benny Dwi Koestanto. Jajaran direksi RSU Hermina Depok yang hadir meliputi Direktur RSU Hermina Depok, dr. Lies Nugrohowati, MARS, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, dr. Mary Liziawati.

Esther Sri Harjati dan Corporate Communication & Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP mengatakan rencana pembangunan rumah singgah sudah berjalan dari awal tahun ini, sejalan dengan langkah PT Astra International Tbk (ASII) yang menambah kepemilikan saham PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) dari 4,92% menjadi 5,43% pada pertengahan Juni 2022.

“Dan sesuai dengan misi perusahaan yaitu ‘Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat’, kegiatan hari ini juga mendukung salah satu dari 17 Sustainable Development Goals (SDGs), tepatnya di poin ke 3 yaitu good health and well-being. Harapannya kolaborasi yang kita lakukan hari ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dan juga keluarga pasien  dalam mendapatkan tempat tinggal yang layak,” ujar Esther.

Direktur RSU Hermina Depok, dr. Lies Nugrohowati, mengatakan mengucapkan terima kasih kepada FIFGROUP atas program rumah singgah ini. "Kita tentu tahu bagaimana beban yang ditanggung oleh pasien kurang mampu dalam menjalani hari-hari saat menunggu perawatan. Rumah singgah ini lebih dari cukup dalam hal sarana dan prasarananya.” paparnya.

Deputy Division Head FIFGROUP, Robertus Benny Dwi Koestanto mengatakan, rumah singgah dibutuhkan bagi pasien yang masih dalam masa tunggu untuk mendapatkan perawatan, sehingga dapat memudahkan pasien dan pendamping dalam kesehariannya. “Dengan sarana prasarana yang disediakan, diharapkan dapat mengurangi beban yang ditanggung oleh pasien serta pendamping,”  kata Benny.

Hani Hanisyah selaku perwakilan Lembaga Keluarga Kelainan Jantung Bawaan (KKJB) mengatakan sebagai pasien yang membutuhkan tempat tinggal sementara dan RSU Hermina Depok yang telah memberikan pelyanan kesehatan terbaiknya bagi kami. Kami merasa sangat terbantu. Sukses selalu untuk FIFGROUP dan RSU Hermina Depok.

2. Rumah Singgah.id

Rumah Singgah adalah startup yang memfasilitasi masyarakat pra sejahtera dengan menyediakan Rumah Singgah untuk mereka.

Pengguna bisa menemukan tempat menginap yang layak ketika kamar di rumah sakit terbatas serta pengguna tidak mampu menyewa penginapan karena kondisi ekonomi.

3. Rumah Singgah yayasan Lilin Pelita Kasih

Yayasan LPK menyediakan Rumah Singgah untuk semua para Pejuang Kanker anak yang membutuhkan. Dengan fasilitas 6 kamar yang memuat 12 pasien yang berlokasi di Jl. Kamboja Ujung No.6 RT 01 RW 07, Kec. Palmerah Kota Bambu Utara, Kota Jakarta Barat 11420. Rumah Singgah berdekatan dengan dua rumah sakit besar yaitu Rumah Sakit Kanker Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Kita.

4. Shelter Hasanah

Bertempat di Jalan Andong Raya No. 81 RT 010/RW 006, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat, Tim Dompet Dhuafa mengunjungi salah satu program hasil kolaborasi dengan BNI Syariah dan Yayasan Hasanah Titi yang bernama Shelter Hasanah, pada Selasa (5/11/2019).

Beberapa program Shelter Hasanah, salah satunya ada di Palmerah yang telah berdiri sejak pada 25 Juni 2019 silam. Gedung ini menyediakan delapan kamar tidur, lima pintu toilet. Semua itu disediakan secara gratis bagi keluarga pasien rumah sakit yang sedang membutuhkan tempat singgah. Selain memberikan pelayanan gratis. Dalam gedung yang bertingkat tiga ini sering digunakan untuk kegiatan-kegiatan keagamaan seperti pengajian, pelatihan keterampilan, juga penyuluhan bimbingan rohani bagi keluarga pasien yang sedang singgah.

5. Rumah Singgah Izi

IZI menyediakan layanan khusus bagi pasien sakit dan keluarga pasien dari luar JABODETABEK untuk tinggal sementara selama dalam berobat jalan ke rumah sakit yang menjadi rujukan nasional di Jakarta; RSCM, RS Dharmais/RS Harapan Kita dan Rujukan RS tingkat Provinsi.  

Layanan ini diberikan pasien dan keluarga fakir miskin yang tidak mampu dalam pembiayaan hidup tinggal karena mahalnya biaya sewa tempat tinggal (kontrakan) di Jakarta untuk menunggu selama waktu pengobatan. IZI juga menyediakan layanan ambulace antar pasien ke RS rujukan dan kosultasi perawatan selama di rumah singgah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro