Ilustrasi/Walesonline
Health

Studi Ungkap Kebanyakan Minum Kopi Bikin Payudara Mengecil

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 12 Oktober 2022 - 11:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkapkan jika perempuan yang kebanyakan minum kopi hingga 3 cangkir sehari bisa mengecilkan ukuran payudaranya.

Hasil temuan tersebut, berdasarkan survei para peneliti pada hampir 300 wanita dengan mengamati berapa banyak kopi yang mereka minum, dan kemudian mengukur ukuran payudara mereka.

Studi tersebut menemukan bahwa “tiga cangkir sudah cukup untuk membuat payudara mengecil”, dengan efek yang meningkat pada setiap cangkir.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa risiko kanker payudara mungkin dipengaruhi oleh keseimbangan estrogen tertentu dalam tubuh, keseimbangan yang tampaknya terkait dengan volume payudara.

Ini dipengaruhi oleh gen yang menginstruksikan untuk enzim yang terlibat dengan metabolisme estrogen dan kafein.

Studi saat ini melihat apakah asupan kopi dikaitkan dengan volume payudara, dan bagaimana hal ini dimodifikasi oleh varian gen CYP1A2*1F yang dibawa oleh seorang wanita.

Dr Helena Jernström dan rekan-rekannya dari Universitas Lund dan Universitas Malmo di Swedia, melakukan penelitian ini yang didanai oleh Dewan Riset Swedia dan beberapa yayasan Swedia lainnya. Studi ini diterbitkan dalam jurnal medis peer-review, British Journal of Cancer.

Para peneliti merekrut 269 sukarelawan Swedia (usia rata-rata 29) yang mengisi kuesioner tentang masalah reproduksi, penggunaan kontrasepsi, merokok, konsumsi kopi (gelas besar 300ml atau cangkir kecil 150ml). Pengukuran tubuh dilakukan pada waktu yang ditentukan selama siklus menstruasi.

Metode laboratorium digunakan untuk menganalisis gen CYP1A21F, dan kadar estrogen dan faktor hormonal lainnya. Dalam analisis statistik mereka, para peneliti mencari hubungan antara genotipe CYP1A21F dan minum tiga cangkir kopi atau lebih per hari.

Hasil penelitian

Dalam analisis lebih lanjut, para peneliti hanya melihat wanita yang tidak menggunakan kontrasepsi hormonal (seperti pil). Di antara 145 non-pengguna, mereka menemukan bahwa hubungan antara minum setidaknya tiga cangkir kopi per hari dan volume payudara secara signifikan dimodifikasi oleh genotipe CYP1A2*1F.

Wanita yang tidak memiliki genotipe A/A dan yang mengonsumsi tiga cangkir per hari atau lebih memiliki volume payudara yang lebih kecil dibandingkan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit kopi. Wanita dengan genotipe A/A yang mengonsumsi tiga cangkir per hari atau lebih memiliki volume payudara yang sedikit lebih besar dibandingkan mereka dengan genotipe yang sama yang minum lebih sedikit kopi.

Para penulis menyimpulkan temuan utama mereka tentang "interaksi yang signifikan antara konsumsi kopi, genotipe CYP1A21F dan volume payudara di antara wanita muda yang sehat yang tidak menggunakan kontrasepsi hormonal".

Para peneliti mengatakan bahwa interaksi ini terutama didorong oleh fakta bahwa konsumsi kopi tiga cangkir sehari atau lebih dikaitkan dengan volume payudara yang lebih kecil pada wanita yang tidak memiliki genotipe CYP1A21F A/A.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro