Ilustrasi kerumunan
Health

Terjebak di Keramaian hingga Sesak Napas, Ini 5 Tips Selamatkan Diri

Afiffah Rahmah Nurdifa
Senin, 31 Oktober 2022 - 09:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Dua tragedi kelam yang menewaskan ratusan korban jiwa yakni di Stadiun Kanjuruhan dan perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan terjadi di bulan Oktober 2022 ini.

Keduanya terjadi di tengah kerumunan orang hingga berdesakan, dan memicu korban jika karena sulit bernapas dan henti jantung.

Kanjuruhan memakan korban sebanyak 136 orang. Yang terbaru, tragedi di Itaewon telah menyebabkan kematian 154 orang dan 82 orang luka-luka.

Kesulitan bernapas di tengah himpitan dan desakan kerumunan orang memang berisiko tinggi. Karena itu, ketika berada di kerumunan semisal nonton sepak bola, konser atau bahkan perayaan lainnya yang dihadiri ribuan orang, Anda harus berhati-hati dan waspada dengan risiko ini.

Salah satu akun TikTok yaitu @dr.warasamsarga memberikan edukasi dan sejumlah tips untuk mengamankan diri di tengah kerumunan yang berisiko sesak napas.

"Untuk tetap seimbang di tengah keramaian dan melindungi organ vital yaitu jantung dan paru-paru, sebaiknya kita meletakkan tangan di depan dada seperti posisi petinju," kata Wara, dikutip pada Minggu (30/10/2022).

Saat terjebak dan sulit untuk keluar, usahan untuk tidak berteriak maupun panik berlebih. Hal tersebut dapat memperlambat atau menghabiskan sirkulasi oksigen.

"Bila kehabisan oksigen kemungkinan pingsan akan sangat besar, dan bila pingsan, kemungkinan terinjak akan sangat tinggi jadi sangat berbahaya," jelasnya.

Lebih lanjut dia memaparkan ketika posisi sudah limbung dan terjatuh, maka pastikan untuk memposisikan tubuh seperti posisi bayi (fetal), di mana sisi kiri tubuh menempel dengan tanah.

Posisi yang terlihat sedikit menelungkup tersebut merupakan posisi teraman dan dapat melindungi jantung dan paru-paru.

Wara juga mengimbau untuk menggunakan sepatu yang aman dan nyaman seperti sneakers atau sepatu olahraga. Hindari high heels.

"Jangan high heels. Sneakers dapat mencegah kamu terjatuh dan mempermudah kamu untuk bergerak," ujarnya.

Pastikan untuk mengisi perut dengan makan dan minum yang cukup sebelum pergi ke tempat ramai. Dia juga menyarankan untuk tidak meminum alkohol.

Tips dan beberapa tindakan pencegahan di kondisi berisiko ini dapat diterapkan juga ketika akan pergi ke konser dan acara ramai lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro