Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini 11 Tips Singkat Sembuhkan Kulit Terbakar Panas Matahari

Apabila Anda panas matahari yang lebih tinggi, maka butuh waktu yang cukup lama untuk menyembuhkannya. Simak cara menyembuhkan kulit terbakar.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 02 November 2022  |  09:38 WIB
Ini 11 Tips Singkat Sembuhkan Kulit Terbakar Panas Matahari
Cara mengatasi kulit terbakar karena panas matahari
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu masalah yang sering dijumpai di Indonesia adalah kulit terbakar akibat panas matahari. Mengingat, negara kita memiliki suhu panas yang dapat dikatakan cukup tinggi.

Tak hanya di Indonesia, bahkan menurut National Cancer Institute, terdapat sekitar sepertiga orang dewasa di Amerika mengalami kulit terbakar akibat tersengat panas matahari di setiap tahunnya. Lebih dari 33.000 orang memiliki kulit terbakar dan memerlukan perawatan medis.

Dilansir Healthline, Rabu (2/11/2022), orang berkulit pucat yang menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, dapat berisiko lebih tinggi mengalami luka bakar.  Apabila terkena sinar panas matahari yang lebih tinggi, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkan permasalahan ini.

Simak 11 cara menyembuhkan kulit terbakar:

1. Minum obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

Mengonsumsi obat NSAID seperti ibuprofen dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit pada kulit yang disebabkan oleh sinar panas matahari. Perlu diingat, disarankan dalam penggunaan obat ini harus sesuai dengan rekomendasi dari dokter.

2. Tidur yang cukup

Pembatasan waktu tidur dapat mengganggu produksi sitokin tertentu yang membantu tubuh dalam mengelola peradangan. Oleh karenanya, tidur yang cukup dapat membantu mengelola peradangan kulit akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, gangguan tidur juga dapat berdampak negatif pada kemampuan tubuh Anda untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

3. Hindari rokok

Merokok atau penggunaan bentuk lain yang berbahan dasar tembakau dapat menghambat proses penyembuhan alami dari luka di tubuh.  

4. Hindari paparan sinar matahari langsung

Kulit yang terkena paparan sinar ultraviolet (UV) dapat lebih merusak kulit Anda. Jika Anda harus keluar, cobalah untuk menutupi kulit yang terbakar sinar matahari dengan pakaian dan memakai tabir surya.

5. Oleskan lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat Aloin yang berkhasiat dalam mengurangi peradangan. Lidah buaya juga dapat membantu melembabkan kulit dan mencegah terjadinya pengelupasan pada kulit.

6. Mandi dengan air dingin

American Academy of Dermatology merekomendasikan mandi dengan air dingin atau menggunakan  pancuran untuk membantu menenangkan kulit Anda.

7. Gunakan krim hidrokortison

Krim hidrokortison biasanya digunakan untuk mengobati pembengkakan, iritasi, serta gatal. Tak hanya itu, krim hidrokortison juga berguna untuk mengatasi pembengkakan dan nyeri.

Anda dapat membeli krim hidrokortison banyak ini  tanpa resep, atau jika perlu, dokter Anda dapat meresepkan salep yang lebih kuat.

8. Kompres air dingin

Cobalah kompres dingin pada  sekitar area yang terbakar matahari, jangan ke titik yang terbakar. Usaha ini perlu dilakukan setelah Anda mendapati kulit terbakar, guna membantu menghilangkan panas berlebih dari kulit dan juga mengurangi peradangan.

9. Berendam dengan oatmeal

Mandi dan berendam dengan oatmeal dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi iritasi.  Anda hanya perlu mencampurkan beberapa sendok makan soda kue dengan satu cangkir gandum ke dalam rendaman air dingin untuk melakukan pengobatan ini.

10. Oleskan minyak esensial

Minyak esensial seperti chamomile, cendana, peppermint, lavender, maupun cuka sari apel, berkhasiat dalam menyembuhkan kulit terbakar akibat matahari. 

11. Perbanyak minum

Usahakan agar tubuh Anda tetap terhidrasi. Hal ini dikarenakan luka bakar dapat menarik kelembapan dari kulit Anda. Dengan lebih banyak minum, maka kebutuhan akan cairan dan elektrolit akan tetap terpenuhi, sehingga hal ini dapat membantu merehidrasi kulit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit perawatan kulit matahari tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top