Golongan darah
Health

Tips Diet Golongan Darah yang Benar

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 2 November 2022 - 13:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Golongan darah Anda merupakan hal penting dalam hal kesehatan.

Ini terkait dengan risiko penyakit jantung, seberapa sering Anda digigit nyamuk, dan banyak lagi.

Bahkan ada diet berdasarkan golongan darah, yang mengusulkan agar orang dengan golongan darah O harus fokus makan makanan yang berbeda dari, mereka yang bergolongan darah A atau B.

Tetapi apakah Diet Golongan Darah itu aman atau tidak sehat adalah cerita lain. 

Diet Golongan Darah awalnya berasal dari buku tahun 1996 Eat Right 4 Your Type, oleh dokter naturopati Dr. Peter D'Adamo, dan telah beredar di berbagai forum kesehatan selama hampir tiga dekade.

Dorongan umum dari diet adalah bahwa ada makanan yang optimal untuk orang-orang dengan berbagai golongan darah O, A, B dan AB. 

Di bawah ini adalah gambaran dari empat golongan darah utama dan menurut D'Adamo adalah jenis diet terbaik untuk masing-masing golongan darah.

Tipe A

Mereka yang bergolongan darah A harus menghindari daging - khususnya daging merah dan makan makanan nabati yang kaya buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Karena sistem kekebalan yang lebih sensitif, mereka juga harus menghindari makanan olahan dan memilih makanan organik bila memungkinkan.

Tipe B

Orang dengan golongan darah B dijuluki "nomaden". Orang-orang dengan tipe B dianjurkan untuk makan sayuran dan jangan kebanyakan daging (kecuali ayam). Diet ini juga memperingatkan agar tidak makan jagung, gandum, tomat, kacang tanah, dan biji-bijian tertentu.

Tipe AB

Orang dengan golongan darah AB,  adalah campuran antara tipe A dan B. Diet Golongan Darah mendorong orang-orang ini untuk makan makanan laut, tahu, susu, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan biji-bijian, tetapi untuk menghindari jagung, daging sapi dan ayam. Si tipe AB juga memiliki kadar asam lambung yang lebih rendah dan karenanya harus menghindari kafein dan alkohol.

Tipe O

Juga dikenal sebagai "pemburu", orang dengan golongan darah ini harus mengonsumsi makanan berprotein tinggi yang kaya akan daging merah, ikan, unggas, serta beberapa buah dan sayuran. Prekursor diet paleo ini memperingatkan tipe O agar tidak makan biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro