poster film Miracle in cell no.7/instagram
Entertainment

Hari Ayah Nasional, Berikut Rekomendasi Film Tema Ayah yang Bikin Meleleh

Widya Islamiati
Sabtu, 12 November 2022 - 15:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional.

Ayah merupakan figur yang selalu digambarkan sebagai sosok yang kuat dan menjadi pelindung keluarga. Meskipun figur ayah pasti dipandang dengan pandangan tersendiri oleh setiap keluarga.

Ada beberapa rekomendasi film yang bisa ditonton bersama keluarga dengan tema ayah, bertepatan dengan Hari Ayah Nasional ini. Berikut uraiannya.

1. Miracle in Cell No 7 (2022)

Kemahiran Vino G Bastian dalam memerankan sosok ayah (Dodo Rozak) dalam film ini layak mendapatkan acungan jempol. Sebab, film yang tayang pada bulan September lalu ini berhasil membuat penonton di bangku bioskop tanah air meleleh.

Film garapan Hanung Bramantyo ini merupakan adaptasi dari film asal Korea Selatan dengan judul yang sama. Versi Korea film ini diperankan oleh Ryu Seung-ryong sebagai ayah, dan Park Shin Hye anak versi dewasa. Sementara, di Indonesia, versi anak dewasa diperankan oleh Mawar Eva de Jongh.

Menceritakan tentang Dodo Rozak seorang tukang balon yang menyandang disabilitas intelektual, beruntung dia punyai anak bernama Ika Kartika hasil buah cintanya dengan Ita yang sangat cerdas.

Namun, Dodo Rozak harus tersandung kasus pembunuhan yang menyebabkan dia harus menerima hukuman mati, atas apa yang tidak dilakukannya. Menariknya, meskipun memiliki alur cerita yang sedih, tetapi kehadiran Indro warkop, Tora Sudiro, Rigen Rakelna dan Indra Jegel sebagai narapidana teman Dodo justru mengundang gelak tawa.

Film ini cocok ditonton di tengah momentum Hari Ayah Nasional. Sebab punyai konflik keluarga yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.]

2. Keluarga Cemara 2 (2022)

Siapa yang tersentuh dengan cerita Emak, Abah, Euis, Ara dan Agil di film Keluarga Cemara? Film keluarga ini juga sudah merilis sekuel keduanya pada Juni 2022 lalu. 

Seperti pada sekuel pertama, Emak diperankan oleh Nirina Zubir, Abah oleh Ringgo Agus Rahman, Euis oleh Adhisty Zara, Ara oleh Widuri Putri. Bedanya pada sekuel kedua ini, keluarga Abah ini telah menemukan kebahagian meskipun dalam kesederhanaan.

Euis sebagai ‘Teteh’ juga mulai sibuk dengan kehidupan masa remajanya dengan segala bentuk privasi yang diinginkannya. Hal ini kemudian mengundang rasa cemburu Ara, sang adik yang terbiasa menghabiskan waktunya dengan Euis.

Namun, kekecewaan Ara ini kemudian mempertemukan dia dengan teman satu sekolahnya, Aril. Keduanya kemudian menghabiskan waktu bermain bersama hingga berpetualang yang mendatangkan kecemasan bagi keluarga Abah.

3. Ngeri-ngeri Sedap (2022)

Film yang kaya akan budaya Batak ini dibintangi oleh Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butarbutar, Lolox, dan Indra Jegel yang tayang pada bulan Juni lalu.

Menceritakan tentang Pak Domu dan Mak Domu yang mempunyai empat anak, Domu, Sarma, Gabe, dan Sahat Purba. Pak Domu dan Mak Domu menginginkan anak-anaknya berkumpul kembali sejenak untuk merayakan pesta syukuran khas Batak, namun anak-anaknya menolak permintaan tersebut.

Domu sebagai anak tertua tengah merajut kasih dengan seorang perempuan Suku Sunda yang tidak direstui oleh orang tuanya, Gabe sedang meniti karir sebagai seorang komedian, sementara orang tuanya berharap dia menjadi seorang pengacara sesuai dengan bidang studi yang diambilnya semasa menempuh pendidikan.

Adik bungsu keduanya, Sahat Purba juga punyai kisah tersendiri di Desa tempatnya mengabdi semasa melangsungkan program Kuliah Kerja Nyata. Tersisa Sarma, anak perempuan satu-satunya yang kemudian jatuh pada skenario Mak Domu dan Pak Domu agar Kakak dan Adik-adiknya kembali ke rumah. 

Hingga akhirnya justru menimbulkan konflik keluarga dan mengarah pada proses perceraian Pak Domu dan Mak Domu. Di bagian inilah Pak Domu sebagai ayah dan suami menjalankan perannya. Menjadikan film ini sangat cocok ditonton di tengah momen Hari Ayah Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro