Ilustrasi/Allwomenstalk
Relationship

18 Jenis Cinta di Dunia, Mana yang Pernah Kamu Rasakan?

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 17 November 2022 - 18:03
Bagikan

Cinta platonik hingga Self Love

1. Cinta erotik

Jenis cinta ini adalah tentang hasrat dan seksualitas. Ini adalah bentuk ekspresi yang penuh gairah dan dapat dialami saat Anda tertarik pada orang lain. Anda tidak harus berada dalam hubungan romantis untuk merasakan cinta erotis kepada orang lain. Cinta erotis seringkali dapat diterjemahkan sebagai nafsu dan merupakan respons kimiawi yang sepenuhnya alami dalam tubuh.

2. Cinta familiar

Bisa jadi kekasih yang pernah Anda kencani sebelumnya atau seseorang dari kehidupan lampau. Either way, orang ini merasa sangat akrab dengan Anda. Cinta semacam ini dapat menguasai Anda bahkan ketika orang itu tidak lagi ada dalam hidup Anda. Sejarah itu tidak akan pernah bisa dihapus.

3. Cinta manipulasi

Ini adalah jenis cinta yang penuh dengan penderitaan. Satu pihak (atau keduanya) mengambil keuntungan dari yang lain. Mereka manipulatif terhadap pasangannya, membuat mereka merasa buruk tentang diri mereka sendiri, dan mengendalikan apa yang mereka lakukan dan tidak lakukan. Ini adalah jenis cinta yang menyedihkan, membuat kedua orang merasa lebih kesepian daripada jika mereka sendirian.

4. Cinta obsesif

Dengan jenis cinta ini, seolah-olah orang tersebut memiliki lubang di hatinya yang berusaha keras untuk diisi dengan menggunakan orang lain. Ini adalah tipe yang sering masuk ke dalam hubungan kodependen karena mereka merasa seolah-olah "membutuhkan" pasangannya dan mereka tidak akan utuh tanpanya. Ini adalah jenis cinta yang menyedihkan karena kehilangan banyak hal baik karena keegoisannya.

5. Cinta keluarga

Perasaan yang Anda miliki terhadap keluarga berbeda dengan perasaan yang Anda miliki terhadap kekasih atau bahkan seorang teman. Perasaan itu cenderung dalam, hampir seolah-olah cinta tumbuh dengan tulangmu. Cinta keluarga seringkali (tetapi tidak selalu) tanpa syarat. Itu tidak tergantung pada bagaimana seseorang berperilaku atau siapa mereka, keluarga mencintai Anda apa adanya. Ini jenis cinta yang unik.

6. Cinta universal

Cinta yang Anda miliki untuk orang asing saat mereka mengalami masa sulit adalah contoh dari cinta semacam ini. Ini adalah jenis cinta yang dimiliki kebanyakan manusia secara alami. Itu bisa disamakan dengan empati atau altruisme. Sangat wajar untuk peduli pada orang lain dan ini memanifestasikan dirinya dalam bentuk cinta universal.

7. Cinta tanpa pamrih

Jenis cinta ini terjadi ketika Anda memberi kepada seseorang tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Itu bisa saat Anda menyumbangkan waktu Anda atau saat Anda menjalin hubungan dengan seseorang yang sangat Anda sayangi. Ini hampir merupakan jenis cinta spiritual karena sangat ajaib.

8. Cinta platonis

Cinta yang Anda miliki untuk seorang teman umumnya bersifat platonis. Ada kutipan dari Elbert Hubbard yang mengatakan, "Seorang teman adalah seseorang yang mengetahui segalanya tentang Anda dan masih mencintai Anda." Itu benar karena teman bisa melihat semua ketidaksempurnaan Anda dan mereka tetap memilih untuk bertahan. Cinta platonis dapat berarti hal yang berbeda bagi orang yang berbeda, tetapi pada dasarnya itu adalah persahabatan. Ini adalah jenis cinta yang spesial.

9. Cinta diri sendiri

Jenis pujaan dan kelembutan yang Anda miliki untuk diri sendiri (semoga) adalah cinta pada diri sendiri. Cinta semacam ini menyinari harga diri dan kepercayaan diri Anda. Tidak semua orang cukup beruntung untuk diberkati dengan cinta diri sendiri, tetapi mereka yang tahu betapa pentingnya untuk menjalani kehidupan yang bahagia dan memuaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro