Cara membuka cakra hati/boldsky.com
Relationship

Ini Cara Membuka Cakra Hati

Ileny Rizky
Rabu, 23 November 2022 - 16:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cakra hati dalam bahasa Sansekerta disebut Anahata (tak terpecahkan). Cakra ini terletak di tengah dada dan berhubungan dengan jantung, paru-paru, kelenjar timus, dan pleksus jantung.

Dalam sistem tujuh cakra, Anahata merupakan cakra keempat, terletak di antara tiga cakra tubuh bagian bawah dan tiga cakra tubuh bagian atas.

Dilansir dari Healthline, Rabu (23/11/2022), letak Anahata yang berada di pusat tubuh menjadikannya sebagai penyatu antara fisik dan spiritual. Artinya cakra hati sebagai inti dari frekuensi energi dan akar dari seluruh penyembuhan emosional dan energi.

Cakra keempat ini berkaitan dengan emosi, cinta, kasih sayang, kepercayaan, dan gairah. 

Dilansir dari Bustle, tanda cakra hati yang diblokir adalah adanya rasa dendam dalam hati, cemburu, terjebak di masa lalu, tidak percaya dengan orang lain, mudah malu, dan merasa kesepian.

Selain itu, mudah cemas dan stres , egois,  dan merasa takut akan kegagalan juga menjadi ciri yang menandakan cakra hati Anda diblokir. Lantas bagaimana cara untuk membuka kembali cakra hati?

Cara Membuka Cakra Hati

1. Meditasi

Meditasi dapat membantu memulihkan aliran energi. Meditasi memungkinkan Anda untuk meluangkan waktu demi menemukan jenis latihan yang paling cocok untuk Anda.

Dalam melakukan meditasi, Anda dapat mengenakan pakaian yang nyaman dan kemudian duduk atau berbaring dalam posisi yang tidak membuat tulang belakang atau persendian menegang. Temukan tempat di mana Anda fokus dan tidak akan terganggu.

2. Perbanyak Ornamen Hijau

Warna hijau dikaitkan dengan cakra keempat (hati). Warna hijau menjadi pengingat bahwa manusia terikat oleh alam.

Tambahkan beberapa ornamen di ruangan kerja dan tempat tinggal, serta kenakan pakaian hijau ke lemari pakaian Anda.

Selain itu, meletakkan beberapa tanaman hijau dalam ruangan Anda menjadi cara yang tepat untuk membuka cakra hati.

3. Mengonsumsi sayur

Selain menambahkan ornamen hijau, mengonsumsinya makanan hijau (sayur) dapat menjadi suatu cara untuk membuka cakra hati.

Selain berfungsi untuk membuka cakra, sayuran juga dapat menyehatkan tubuh. Adapun makanan hijau yang dapat dikonsumsi adalah brokoli, mentimun, apel hijau, dan sayuran hijau lainnya.

4. Rapalkan Mantra

Dalam banyak tradisi Mesir kuno, Ibrani, Tibet, Jepang, dan penduduk asli Amerika, ada beberapa sistem vokal suci yang berbeda untuk menyeimbangkan cakra. 

Setiap cakra sesuai dengan suku kata tertentu yang disebut 'bija'. Bija digunakan untuk membuat mantra. Suku kata ini mencerminkan esensi masing-masing cakra dan membantu membersihkan dan memperkuat energi yang terkait.

Bija yang sesuai untuk cakra keempat adalah 'Yam'. Yam dianggap sebagai benih hati dan digambarkan dalam simbolisme cakra hati.

Mantra ini diucapkan demi menyembuhkan pusat fisik dan spiritual untuk membuka diri terhadap cinta dan kasih sayang tanpa syarat.

5. Afirmasi cakra hati

Afirmasi positif dapat membantu mengeluarkan energi positif yang terkait dengan chakra keempat.

Contoh afirmasi hati positif yang dapat disugestikan seperti:

“Saya sepenuhnya mencintai dan menerima diri saya sendiri.”

“Saya diinginkan dan dicintai.”

“Hatiku terbuka untuk cinta.”

“Saya memaafkan diri saya sendiri.”

“Saya hidup dengan penuh rasa syukur."

6. Menggunakan Minyak atsiri

Minyak atsiri dapat membantu menyeimbangkan hati dengan meningkatkan kondisi batin dan lingkungan eksternal Anda. 


Cara penggunaannya adalah dengan menghirup aromanya. Letakkan satu tetes di tangan Anda dan tarik napas. Selain itu, minyak astiri juga dapat dicampurkan dengan pewangi alami lainnya untuk dijadikan sebagai lotion.


7. Mulai Memaafkan

Cemburu,  tidak mampu melupakan dendam dan amarah masa lalu hanya menghentikan kita untuk bergerak maju menuju kebahagiaan di masa depan. 


Berbicara dengan teman dekat atau konsiltasi dengan konselor profesional dapat menjernihkan pikiran melalui pertumbuhan batin dan kedamaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro