Ilustrasi mata merah/
Health

Gejala dan Cara Atasi Computer Vision Syndrome, Akibat Kebanyakan Main Gadget

Widya Islamiati
Rabu, 30 November 2022 - 16:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bukan rahasia umum jika terlalu lama menatap layar monitor bisa menyebabkan mata lelah. Hal ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi seseorang yang bekerja di depan layar komputer ataupun seorang gamers yang banyak menghabiskan waktu menatap layar ponsel.

Ternyata gangguan akibat hal ini ada istilahnya. Istilah untuk sekumpulan gejala pada mata dan leher yang disebabkan oleh penggunaan komputer ataupun layar mpnitor yang berlebihan disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS).

Laman Direktorat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular Kemenkes menyebut gejala yang timbul seperti nyeri pada leher juga mata. Selain itu, biasanya orang juga akan alami mata merah dan kering, iritasi mata, serta penglihatan menjadi ganda atau bahkan buram.

Mengutip laman pennmedicine, kerusakan yang ditimbulkan oleh CVS belum ditemukan kerusakan yang membuat mata rusak permanen, hanya saja, rasa sakit ataupun ketidaknyamanan yang ditimbulkan akan berdampak pada kinerja orang tersebut atau kehidupan sehari-harinya.

Meskipun demikian, laman WebMD menyebut, kerusakan atau cedera akibat CVS ini mungkin akan lebih parah seiring dengan berjalannya waktu dan penyebabnya dilakukan terus menerus. Kondisi ini mirip dengan Carpal Tunnel Syndrome.

Lalu bagaimana mencegah perparahan CVS?

1. Berikan jarak yang cukup antara komputer dan mata

Cara yang mudah agar gejala CVS menjadi lebih baik adalah dengan mengatur ulang jarak antara mata dengan monitor. Jarak yang dianjurkan antara monitor dengan mata adalah sekitar 20 hingga 28 inci. 

2. Rutin memeriksakan mata

Ketika memeriksakan mata, dokter akan mengetahui apakah Anda membutuhkan kacamata khusus untuk orang yang berkebutuhan banyak di depan layar atau tidak. Dokter bisa jadi akan meresepkan Anda untuk memakai lensa khusus tunggal atau bifokal atau bahkan lensa berwarna untuk meningkatkan kontras dan menyaring silau.

3. Istirahatkan mata dengan tips 20-20-20

Kemenkes melalui laman instagram resmi membagikan tips 20-20-20 ini. Tips ini merupakan salah satu metode untuk menjaga mata dari CVS. 

Berikut cara untuk melakukan tips 20-20-20:

  • Setiap 20 menit bekerja atau menatap layar monitor
  • Istirahatkan mata selama 20 detik, ini bisa dengan memejamkan mata
  • Melihat objek yang jauh 20 kaki dan jangan lupa berkedip.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro